Sabtu, 07 Juni 2014

Utilitas Internal & Eksternal, Dengan Internet








 Stimik-Amik-Riau (fikri)



UTILITAS INTERNAL DAN EXTERNAL DENGAN INTERNET

Utility/Utilitas adalah kegunaan.

Perangkat lunak utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Perangkat lunak utilitas harus dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal dengan komputer seperti mengetik, melakukan permainan, merancang gambar, dan lain-lain. Perangkat lunak utilitas lebih memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Karena fungsinya, perangkat lunak utilitas umumnya tidak ditujukan untuk pengguna secara umum, melainkan ditujukan untuk pengguna yang memiliki pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup baik.

Kebanyakan perangkat keras utilitas ini dibuat secara khusus untuk melakukan fungsi tertentu pada suatu area komputasi secara spesifik, seperti memformat harddisk, atau melakukan pengecekan konektifitas jaringan. Namun dalam perkembangannya sejumlah perangkat lunak utilitas terkadang pula dipaketkan dalam satu paket utilitas yang ditujukan untuk beragam kebutuhan.


Jenis-jenis program utilitas terbagi atas 2 yaitu:
1. Program Utilitas Internal (bawaan)
2. Program Utilitas Eksternal (bukan bawaan)


1. Program Utilitas Internal (bawaan)

Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows, secara default sudah terinstall pada saat selesai menginstall Windows.

Contoh : Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, Calculator, Paint (menggambar) dan lain-lain. Utility internal banyak terdapat di Control Panel, misalnya fonts, add remove, printer, system dan lain-lain.
a. File Manager
File Manager adalah Program utilitas yang melakukan fungsi-fungsi yang berkaitan dengan manajemen file, seperti  memformat dan menyalin disk, menampilkan daftar file, memeriksa jumlah ruang yang digunakan dan ruang kosong pada media penyimpanan, mengorganisasikan, merename, menghapus, memindahkan dan mengurutkan file-file. Untuk melakukan file manager salah satunya dengan cara mengklik langsung file/data yang ingin di managemen, lalu silahkan pilih perintah managemen apa yang ingin dilakukan.

Cara kerja File Manager :

1. Silakan login terlebih dahulu ke cPanel anda dan sesampainya di halaman utama dari cPanel, pilihlah  opsi  File Manager di kategori Files.

2. Pilihlah opsi Web Root (public_html/www) saat boks pop-up muncul dan centang opsi Show Hidden Files diikuti pengeklikan tombol Go.

3. Menu File Manager akan muncul dan menampilkan konten direktori terpilih. Klik kanan sembarang file atau direktori yang ingin dikelola izin aksesnya, lalu pilih opsi Change Permission di menu konteks yang muncul. Pemilihan atau penyeleksian dapat pula dilakukan untuk beberapa file atau direktori secara bersamaan (batch) dengan cara menekan-tahan tombol Ctrl di keyboard sembari mengklik file atau direktorinya.

4. Boks Change Permission akan muncul dan Anda dapat memberikan kombinasi izin aksesnya dengan cara mengaktifkan opsi Read, Write dan Execute. Alternatif lain cukup mengisikan angka izin aksesnya di bagian Permission. Terapkan modifikasinya dengan mengklik tombol Change Permission.

Selain menggunakan cara di atas, tersedia juga alternatif cara lain untuk modifikasi izin akses file atau direktori di File Manager, hanya saja cara ini berlaku untuk sebuah file atau direktori terpilih saja.
Setelah sampai di langkah ketiga di atas, Anda akan menjumpai kolom Perms di masing-masing file atau direktori (paling kanan). Hanya dengan mengklik ganda kolom tersebut di file atau direktori terpilih, maka akan muncul boks kecil untuk mengisikan angka yang mewakili izin akses yang baru. Terapkan dengan mengklik tombol Save.
b. Personal Firewall
Personal Firewall  adalah program utiltas yang berfungsi untuk mendeteksi dan melindungi komputer dari usaha computer lain untuk masuk ke komputer tanpa izin. 
Personal Firewall untuk mendeteksi dan mengamankan personal computer dari instruksi-instruksi yang tidak dikenal (unauthorized intrusions).

Cara kerja Personal Firewall:

Firewall pada dasarnya merupakan sebuah penghalang antara komputer anda (jaringan)dengan internet. Firewall bisa diumpamakan sebuah satpam yang menjaga pintu gerbang rumah anda untuk menyaring pengunjung yang datang ke tempat anda. Demikian pula dengan Firewall adalah sebuah software atau hardware yang menyaring informasi (paket) yang datang melalui internet ke komputer pribadi anda atau jaringan komputer.

Firewall dapat memutuskan untuk mengizinkan atau memblokir lalu lintas jaringan antara perangkat berdasarkan setting-an yang telah dikonfigurasi atau ditentukan oleh administrator firewall. Kebanyakan personal firewall seperti Windows firewall  telah dikonfigurasi  untuk settingan untuk settingan yang paling umum dan paling banyak digunakan ketika anda menggunakan windows, jadi tidak perlu khawatir untuk melakukan settingan ulang terhadap Windows firewaal bawaan dari microsoft.
Firewall menggunakan satu atau lebih metode berikut untuk mengatur lalu lintas masuk dan keluar dalam sebuah jaringan:
 1. Packet Filtering : Pada metode ini paket (potongan kecil data) dianalisa dan dibandingkan dengan filter. filter paket memiliki seperangkat aturan yang datang dengan tindakan menerima dan menolak yang pra-dikonfigurasi atau dapat dikonfigurasi secara manual oleh administrator firewall.. Jika paket berhasil membuatnya melalui filter ini maka itu diperbolehkan untuk mencapai tujuan, kalau tidak akan dibuang.
 2. Stateful Inspeksi : Ini adalah metode baru yang tidak menganalisa isi dari paket. Sebaliknya ia membandingkan aspek kunci tertentu setiap paket database sumber terpercaya.. Kedua paket yang masuk dan keluar dibandingkan terhadap database ini dan jika perbandingan menghasilkan pertandingan yang wajar, maka paket yang diizinkan untuk melakukan perjalanan lebih lanjut. Jika tidak, mereka akan dibuang.
c. Disk Defragmenter
Disk Defragmenter adalah program utilitas yang menata kembali file-file dan ruang-ruang kosong pada hardisk komputer agar sistem operasi dapat mengakses data dan program dapat berjalan ledih cepat.
Fungsi Defrag adalah mengatur kembali tata-letak file-file yang rusak/kacau karena penghapusan dan penulisan, dan menghapus jejak file yang tidak hilang pada saat penghapusan.Defrag perlu dilakukan secara teratur untuk dalam waktu mungkin 1-2 minggu sekali.

Cara kerja Disk Defragmenter :

1. Melihat data² dalam hard disk 
2. Memindahkan data yang perlu dipindahkan ke tempat kosong (oleh karena itu defragment pada MS Windows memerlukan minimal 15% kapasitas hard disk) 
3. Mengelompokkan data berdasarkan kategorinya 
4. Data yang terlalu besar dibiarkan pada tempatnya 
5. Data sistem dibiarkan pada tempatnya
d. Utilitas Backup
Utilitas Backup adalah suatu program utilitas yang memungkinan pengguna untuk menyalin atau membackup file-file terpilih atau seluruh hard disk ke media lain seperti CD, DVD, dll 
Backup Utility berfungsi untuk melakukan duplikasi file-file yang dipilih atau seluruh hard disk ke disk atau tape.   Umumnya melakukan compress files pada saat melakukan backup sehingga membutuhkan tempat lebih  kecil.

Cara kerja Utilitas Backup :

    Buka program aplikasi Nero Burning ROM dari menu Start Program Nero Nero Ultra 6  Edition Nero BackItUp 
     Klik tombol icon menu Create New Back Up 
     Jika anda yakin akan membuat backup software atau file maka klik Next 
    Ada dua pilhan check list yang harus anda pilih: Pilihan file dan folder Memodifikasi backup file yang sudah ada Jika membuat file back up baru klik Next 
    Dari menu pilihan file dan folder anda memilih program aplikasi software yang ada pada partisi untuk diback-up Dengan klik pada chek list pada bagian yang akan anda backup. 
     Perhatikan besarnya folder, file dan ukurannya, jika anda yakin klik Next. 
     Pada menu pengaturan backup anda dapat menentukan sasaran yang akan dibackup , type dari back up dan apakah anda akan menyaring file yang di back up . jika anda sudah yakin klik Next 
    Menu pilih sasaran dapat anda klik pada target path dan berilah nama file back anda jika perlu anda dapat memberinya komentar selanjutnya klik Next 
    Jika semua sudah selesai maka anda sudah siap untuk membackup software dan klik Backup maka proses backup akan berlangsung dan silajkan tunngu hingga selesai.
   Tunggulah proses back up selesai dan pada backup ini file akan dicompress dan dilanjutkan dengan proses pengcopian.
e. Utilitas Diagnostik
Utilitas Diagnostik berfungsi untuk mengumpulkan informasi teknis mengenai hardware dan software tertentu dari komputer kemudian membuat laporan yang menggarisbawahi masalah-masalah yang teridentifikasi.
f. Image Viewer
Image Viewer adalah program utilitas yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan, menyalin dan mencetak isi dari file gambar.
g. Disk Scanner
Disk Scanner adalah utilitas yang diinstal pada sistem komputer untuk membaca kesalahan dalam rangka untuk mengoptimalkan kinerja sistem. Ini berarti mengoreksi kesalahan yang mencegah program berjalan dengan baik. Disk scanner mendeteksi dan memperbaiki masalah-masalah fisik maupun logis pada hard disk serta mencari dan menghapus/membersihkanfile-file yang tidak diperlukan. Pada dasarnya, disk scanner meningkatkan memori system,dalam rangka untuk mencegah dari overloading sementara operasi.

Cara Kerja Disk Scanner :

scan disk melakukan pemeriksaan pada komputer anda untuk menemukan error-error tersebut. Setelah selesai dia akan menampilkan hasil pencariannya. Misalnya, dia menunjukkan apakah telah terjadi error dan menginformasikan bahwa error tersebut sudah diperbaiki.
h. Uninstaller

Uninstaller adalah program utilitas untuk menghapus program dan berkas-berkas yang berkaitan dengan file sistem.
i. Screen Saver
Screen Saver adalah utilitas yang menyebabkan perangkat layar tampilan menampilkan gambar bergerak atau layar kosong jika tidak ada aktivitas pada keyboard atau mouse selama waktu yang telah ditentukan.


j. Kriptografi Utilitas


Kriptografi Utilitas dapat membantu dalam mengkonversi ke dalam kode bahasa biasa dan juga mengkonversi kode ke dalam bahasa biasa. Oleh karena itu, berguna dalam mengenkripsi dan mendekripsi file.

Cara kerja Screen Sever :

Hanya memuat foto, pilih efek transformasi, menambahkan objek animasi, dan klik tombol untuk membangun screensaver. Opsional dapat mengatur properti dari masing-masing animasi screensaver.dapat mengontrol gerakan, penampilan, dan fitur lainnya dengan beberapa klik mouse.
j. Kriptografi Utilitas
Kriptografi Utilitas dapat membantu dalam mengkonversi ke dalam kode bahasa biasa dan juga mengkonversi kode ke dalam bahasa biasa. Oleh karena itu, berguna dalam mengenkripsi dan mendekripsi file.
2. Program Utilitas Eksternal (Bukan Bawaan)

Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu
a. Registry Cleaner
Registry Cleaner adalah program utilitas yang berfungsi untuk membersihkan file-file yang menumpuk di registry yang membuat perlambatan pada komputer seperti booting lebih lama,sehingga jika kita telah meregistrinya maka akan menghilangkan perlambatan pada komputer.
Contoh : RegCleaner, JvPowerTools, Norton System Works, Registry Cleaner, Advanced SystemCare, SystemSuite, TuneUp Utilities, BoostSpeed, System Mechanic Professional (SMP), Advanced System Optimizer (ASO), Advanced SystemCare, CCleaner.
Penyebab komputer menjadi lambat seringkali disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu diantaranya disebabkan oleh sisa-sisa registry yang sudah tidak terpakai. Beberapa tools utilities untuk registry cleaner, banyak yang kesulitan/belum mampu mendeteksi secara keseluruhan pada sistem registry komputer. Kesalahan mendeteksi sebagai registry yang usang juga sering ditemui, ujung-ujungnya komputer sering hang karena salah mendeteksi dan menghapus dari sebuah registry.
Dengan software bernama Registry Cleaner 2010 v4.0.0.0 ini, mungkin kita akan sedikit terbantu dengan mengidentifikasi masalah dan memperbaiki kesalahan komputer, meningkatkan kecepatan dan kinerja, serta mencegah komputer crash/hang.

Sekilas jika di pandang, software ini sedikit mirip dengan Registry Booster 2010 untuk proses Registry Scan, Restore, hingga untuk Overviewnya. Tampilan overview dari Spotmau Registry Cleaner 2010

Cara kerja Registry Cleaner :

menemukan titik KEY referensi dan men-cek keterkaitannya dengan KEY lain. Umumnya tool registry cleaner telah di sematkan fungsi pencirian antara registry Rusak atau Registryyang sengaja dibiarkan bagaimana adanya.
Penyebab crashnya Windows teman anda dapat diakibatkan ia melakukan kesalahan saat menginstall Program (ukuran besar spt. Photoshop, Dreamweaver, Antivirus) yang bersinggungan dengan registry system. Jadi saat ia gagal menginstal dan berniat membersihkan registry, registry ditemukan "error" dan akhirnya registry cleaner pun mencabut entri registry tersebut, hal ini memberikan efek bola salju jika ia menscannya lagi. Karena key yang terhapus tadi mungkin menjadi titik referensi oleh key yang lain, sehingga program pun akan menghapusnya. Semakin banyak penghapusan semakin banyak error dan akhirnya windows tak dapat bekerja.


b. Anti virus (Virus Scanner)  

Antivirus adalah program untuk menscan, menghapus, dan berjaga-jaga dari serangan virus. Program ini akan selalu berjalan di background/tray icon jika diaktifkan.
Contoh Antivirus : McAfee, Norton, AntiVir, Panda, AVG, dan lain-lain.

SMADAV
Smadav merupakan antivirus local. Banyak virus yang dapat ditangani oleh antivirus smadav, sampai saat ini jumah virus yang dapat ditangani oleh smadav terus mengalami perkembangan dan jumlahya sudah mencapai ribuan. Kita dapat langsung melihat langsung pada antivirus tersebut.

Cara Kerja Anti Virus :

Antivirus memiliki database yang memuat sebuah file/berkas yang menyimpan data-data tentang informasi virus. Database ini biasa disebut Virus Signature atau Virus Definition.
Pemindaian virus atau scanning terhadap data anda dapat dikenali melalui Virus Signature, kenapa? Karena antivirus mendeteksi suatu file yang mencurigakan kemudian mencocokkan secara otomatis ke dalam database (Virus Signature) tersebut apakah ini mr.virus atau bukan. Semua bergantung kepada signature ini sehingga signature harus sering di update, sebab setiap detiknya banyak jenis virus baru yang siap mengancam computer
.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTIVIRUS SMADAV

Kelebihan SMADAV :

1. Mampu membunuh Virus lokal 
Meskipun tidak sebagus antivirus luar tapi Smadav ini mampu membasmi banyak virus terutama virus-virus komputer yang biasa menyerang para pengguna komputer di indonesia.

2. Bisa digabung dengan antivirus lain
Jika anda belum yakin dengan antivirus smadav atau untuk menutupi kekurangan antivirus ini anda bisa menggabungkan smadav dengan antivirus seperti Avira, AVG bahkan Kaspersky, karena smadav termasuk minimal antivirus yang tidak akan memberatkan PC anda.

3. Flashdisk security yang Top
Meskipun terkadang Mr. Iso repot dengan pembuatan folder Smadlock dan autorun.inf tapi justru aplikasi Smadav ini melakukan tugasnya dengan baik, karena sebagian besar virus komputer lebih cepat menular melalui flashdisk dibanding internet sendiri.

4. Cocok buat pengguna Offline
Smadav tidak terlalu sering melakukan update dan cara updatenya pun gampang, tidak sering update bukan berarti antivirus ini jelek, tetapi smadav dalam satu kali update memang memberi banyak penyempurnaan, bukan hanya dari database tapi dari sistem aplikasi smadav itu sendiri

5. Smadav Pro yang murah
Meskipun banyak key Smadav Pro bajakan di internet, sebaiknya anda melakukan donasi untuk membeli smadav pro, selain memberikan apresiasi pada pembuat juga anda tidak mencuri apa yang menjadi hak programmer smadav, untuk donasinya pun tergolong mudah dan mudah di banding membeli antivirus lain, dengan Smadav Pro anda bisa mendapatkan kualitas dan layanan sampai 10x lipat dari smadav free.
Adapun kekurangan dari SMADAV
Tidak mampu atau tidak maksimal menangani virus dari luar Cuma bisa specialis virus local

c. Spyware Remover 
Spyware Remover adalah program utilias untuk mendeteksi dan menghapus spyware dan adware. Spyware adalah program yang ditempatkan pada sebuah komputer tanpa sepengetahuan penggunanya yang secara diam-diam akan mengumpulkan informasi mengenai pengguna terutama yang behubungan dengan penjelajahan di web.

Spyware akan mengirimkan informasi sensitif tentang Anda melalui Internet tanpa sepengetahuan atau persetujuan. Pelajari lebih lanjut tentang cara untuk melindungi privasi Anda dengan blocker Spyware dan remover. Sebuah blocker remover spyware yang akan melindungi komputer Anda dalam dua cara yang berbeda.

Pertama,
ada perlindungan real-time yang menghambat semua upaya untuk menginstal spyware. Fungsi kedua melibatkan pemindaian seluruh komputer dan menghapus semua Spyware yang ada. Dasar program Anti-Spyware kadang-kadang hanya akan mampu melakukan fungsi.

kedua,
pemindaian dan menghilangkan Spyware, karena ini jauh lebih mudah daripadapemblokiran Spyware secara real-time. Oleh karena itu Anda harus mencariprogram Spyware blocker remover ketika Anda memilih program Anti-Spyware, karena program tersebut memberikan perlindungan lebih dari program pemindaian dasar. Sebuah program jenis ini akan bekerja dalam cara yang mirip dengan program Anti-Virus. Spyware blocker dan remover akan memeriksa semua data jaringan yang masuk pada file disk selama download. Semua komponen akan terbaca oleh program itu untuk segera diblokir apabila mencurigai file tersebet. Beberapa program Spyware blocker dan remover juga akan memblokir upaya untuk mengubah pengaturan browser Anda dan semua upaya untuk menginstal item start-up. Tidak seperti Spyware remover, spyware remover sederhana adalah lebih mudah untuk membangun karena hanya memiliki fungsi untuk memeriksa isi dari Registry Windows, program yang diinstal pada file sistem operasi dan menghilangkan Spyware saat ditemui. Maka itu di sarankan pada Sebuah Spyware blocker dan remover karena itu akan menjaga komputer Anda dan privasi Anda jauh lebih aman, karena Spyware akan diblokir.

Pada awalnya, sebagian besar Anti-Spyware program difokuskan untuk menemukan Spyware yang ada di komputer dan menghapus mereka. Sebagai masalah Spywareyang tumbuh, jenis yang lebih baik dari program Anti-virus dikembangkan oleh beberapa perusahaan, blocker Spyware dan remover. Salah satu program pertama dari jenis ini dikembangkan oleh Javacool Software dan SpywareBlaster. Hal ini menawarkan perlindungan real-time dan difokuskan pada pemblokiran Spyware berbasis ActiveX, tetapi juga mampu melihat dan memblokir banyak jenis lain dari Spyware juga. Namun itu difokuskan pada perlindungan real-time, dan bukan pada scanning dan menghapus file yang ada. Kemudian, lain Spyware blocker dan program remover diperkenalkan; program yang menggabungkan untuk memblokir dan menghapus fungsi yang lebih efektif. Contoh Spyware blocker tersebut dan program remover adalah Windows AntiSpyware dan Ad-Aware dari Lavasoft.

Untuk kebanyakan pengguna, disarankan untuk memilih blocker Spyware dan program remover bukan program Anti-Spyware yang hanya mampu untuk satu tugas. Bahkan dengan Spyware blocker yang baik dan program remover Anda tidak benar-benar keluar dari jalan merugikan. Jika blocker Spyware dan program remover gagal untuk memblokir program Spyware, Spyware kadang-kadang dapat menahan kemudian mencoba untuk menghapus atau uninstall.

Beberapa Spyware cerdik menciptakan program bekerja yang berpasangan. Ketika blocker Spyware dan program remover menemukan salah satu program dan menghentikan aksi-aksinya, program Spyware lainnya segera akan memulai kembali. Lainnya program Spyware yang dirancang untuk pemberitahuan mencoba untuk menghapus kunci registry dan cepat dapat menambahkan kunci Registry lagi. Jika Anda mengalami masalah seperti dengan program anda, anda dapat mencoba booting komputer Anda dalam mode aman. Hal ini biasanya akan memberikan Anda Spyware blocker dan program remover dengan kesempatan yang lebih baik yang akhirnya menyingkirkan Spyware tanpa henti. bentuk baru dari Spyware dan Adware berbahaya terus diciptakan dalam rangka untuk melindungi komputer Anda dari gangguan tersebut.

d. Internet Filter

Internet Filter adalah program yang menghapus atau menghentikan hal-hal tertentu agar tidak ditampilkan.Tiga jenis internet filter yang digunakan secara luas adalah anti spam(menghapus spam sebelum masuk ke inbox kita), popup blocker(menghentikan pop-up agar tidak ditampilkan pada halaman web) dan web filter(membatasi akeses ke materi-materi tertentu pada web).
Contoh :
Net Nanny
e. Kompresi file

Kompresi file adalah program utilitas yang berfungsi untuk menyusutkan ukuran file.File Compression Utility berfungsi untuk mengurangi ukuran file untuk menambah sedikit ruang dan memperbaiki performance. Compressed files biasa disebut dengan zipped files, Utility program yang umum digunakan: PKZIP , WinZip, Izarc,Winrar, dll.
Winzip :
Software ini dikembangkan oleh WinZip computing. Inc. dan dijual ke pasaran seharga US$29. besar software ini 2.26 MB dan versi trialnya dapat di download di http://www.winzip.com. Mungkin karena software ini termasuk generasi pertama dari software-software kompresi, maka software ini tidak menyediakan banyak pilihan ketika hendak menyimpan file hasil kompresi. Software ini hanya menyediakan sebuah tipe file kompresi yaitu tipe .zip. Pada kesempatan ini kita akan menggunakan versi terakhir dari WinZip yaitu versi 9.0. Secara umum software ini compatible di windows 98, ME, NT. 4.0, 2000 dan XP sehingga software ini banyak dipakai oleh para pengguna windows. Besar minimal hard disk yang digunakan adalah 8 MB dengan besar minimal memory yang dibutuhkan adalah 32 MB. Software ini dapat membuka file-file kompresi yang berekstensi .b64, .cab, .gz, .lzh, .mim, .tar, .uue, .xxe dan.zip. 

Berbagai fitur pendukung tersedia dalam software ini seperti fungsi klik kanan, drag & drop, back-up, self-extractor, tips, dokumentasi, pengiriman file langsung ke e-mail, viewer, fungsi scan virus, proteksi dengan menggunakan password dan multi-disk splitter. Fungsi ’klik kanan’ yang berisikan berbagai macam fungsi ringkas sangat membantu pengguna untuk dengan cepat mengkompres atau mengekstrak sebuah file kompresi. Fungsi ’drag & drop’ sangat berguna sekali ketika ingin mengkompres sebuah file ke sebuah file kompesi yang telah eksis sebelumnya atau ingin mengekstrak sebuah sebuah file dari beberapa file kompresi ke folder-folder yang berbeda. 

Selain itu software winzip dapat langsung terkoneksi ke outlook express atau software e-mail client lainnya yang aktif di komputer tersebut, tentunya ini sangat membantu bagi para pengguna komputer yang mempunyai e-mail dengan menggunakan sistem SMTP/POP3. Fasilitas ’viewer’ adalah fasilitas untuk melihat isi file kompresi sebelum di ekstrak dalam tiga bentuk yaitu notepad, winword dan text (internal ASCII). Fasilitas ’scan virus’ adalah fasilitas untuk men-scan file kompresi dengan software antivirus yang terinstall dalam komputer tersebut. Selain itu, file-file kompresi tersebut dapat ’diproteksi’ dengan mengaktifkan sebuah password. Satu hal yang paling menarik, untuk software-software yang berkapasitas lebih dari 65 KB, WinZip dapat ’mensplit’ file-file tersebut ke dalam beberapa file yang lebih kecil. Beberapa fasilitas pendukung ini sangat membantu dalam proses kompresi yang akan dilakukan membuat software WinZip menjadi salah satu pilihan sebagai software kompresi yang direkomendasikan.

Data kerja yang penting, rahasia dan sangat pribadi bisa disembunyikan dengan cara yang sederhana. Meski terlihat sederhana, cara ini sebenarnya dapat ‘cukup’ mempersulit penyusup yang berupaya membobol. Cukup dengan piranti lunak kompresor yang terkenal dalam OS Windows, Winzip.

Caranya begini. Pertama-tama kompres data penting Anda dengan cara klik kanan, pada konteks menu yang muncul pilih [WinZip] > [Add to Zip file…]. Sebuah jendela baru akan muncul, beri tanda pada kotak Encrypt added files. Jangan lupa tentukan juga lokasi dan nama file pada kotak yang telah disediakan. Kalau sudah klik tombol [Add], masukkan kata sandi sebanyak 2 kali, lalu klik [OK]. Sekarang Anda telah mempunyai satu paket data yang telah terkompres serta dilengkapi kata sandi. 

Kalau ada banyak jenis format data, buat paket tersendiri agar lebih mudah mengelompokkannya. Buat paket zip yang dilengkapi dengan kata sandi seperti cara diatas. Nah, ini bagian yang penting. Jika hanya dengan cara demikian, data masing bisa diakali oleh pembobol meski kata sandi sudah panjangnya minta ampun.

Banyak piranti lunak yang berfungsi untuk membuka kunci file zip terproteksi dengan mudah. Oleh sebab itu kita coba berikan gembok yang berlapis-lapis, kalau perlu dirantai besi sekalian. Caranya begini, pilih file zip yang akan dilapis keamanannya. Gunakan tombol [Ctrl] pada keyboard untuk memilih file satu persatu. Klik kanan kemudian pilih menu [WinZip] > [Add to Zip file…]. Beri nama file juga tentukan lokasinya lalu beri tanda pada kotak Encrypt added files. Klik [Add], masukkan kata sandi sebanyak 2 kali, lalu klik [OK]. Caranya sama dengan langkah pertama.

Yang membedakan adalah isi paket zip yang terkandung didalamnya harus dibongkar sebanyak dua kali sebelum bisa dilihat isinya. Nama dan jumlah file bahkan tidak bisa dilihat jika kata sandi pada lapisan pertama belum dimasukkan. Kalau memang data penting sekali dan Anda punya banyak waktu, buat saja banyak lapisan. Jadi istilahnya paket didalam paket. Tapi ingat jangan sampai lupa ‘kuncinya’.

Tipe file teks yang bisa cukup bagus dan bisa digunakan adalah RTF (Rich Text Format). Format ini mendukung format teks seperti tebal, miring, dan garis bawah. Gambar dan tabel bisa disisipkan untuk mempercantik dokumen. Dan yang juga penting, tipe file ini jarang menjadi incaran virus yang suka usil seperti kepada file Doc. Kelemahan RTF adalah format ini tidak bisa diamankan dengan kata sandi.

Apa jadinya bila teknologi kompresi file belum ditemukan? Entahlah, yang jelas aktivitas pertukaran data di Internet tidak semudah sekarang. Bayangkan bila Anda harus mendownload sebuah aplikasi yang terdiri dari ratusan file yang tidak terkompresi. Tak terkira waktu dan bandwidth yang tersita di sana.

Sepintas hal ini terdengar seperti mustahil. Bagaimana mungkin komputer yang telah memperkecil (dengan mengurangi jumlah bitdan byte data) sebuah file bisa mengembalikannya tanpa perubahan apapun? Padahal ide dasar di balik teknologi ini sebenarnya sangat sederhana: membuang pengulangan.

Kerja dari Program :

1. Mencatat Pengulangan
Sebagian besar tipe file digital mengandung pengulangan. File-file tersebut memiliki informasi yang sama yang ditampilkan secara berulang. Aplikasi kompresi file membuang pengulangan-pengulangan tersebut. Alih-alih menampilkan potongan informasi yang sama secara berulang, aplikasi kompresi mencatat informasi tersebut satu kali saja, dan akan menduplikasikannya kembali saat file diekstrak.

Sebagai contoh, perhatikan tipe informasi yang sangat akrab dengan kita berikut ini: kata. “Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda. Tanya apa yang Anda berikan pada negara.” (terjemahan kutipan dari Presiden AS, John F. Kennedy). Kutipan tersebut memiliki 15 kata, yang terdiri dari 74 karakter, 14 spasi, dan 2 titik.

Jika setiap huruf, spasi, dan tanda baca mengambil satu unit memory komputer, kita mendapatkan file dengan ukuran 93 unit. Untuk memperkecil ukuran file tersebut, kita harus memperhatikan pengulangan yang terjadi. Sekejap kita mendapatkan data berikut:

“tanya” muncul 2 kali
“apa” muncul 2 kali
“yang” muncul 2 kali
“negara” muncul 2 kali
“berikan” muncul 2 kali
“pada” muncul 2 kali
“Anda” muncul 2 kali

Secara kasar, setengah dari kutipan JFK di atas adalah pengulangan. Tujuh kata (tanya, apa, yang, negara, berikan, pada, Anda) memberikan hampir semua informasi keseluruhan kutipan. Untuk membangun setengah kutipan bagian akhir, kita hanya menunjuk kata-kata yang ada pada setengah kutipan bagian awal, dan mengisinya dengan spasi.

2. Algoritma Pengulangan

Kebanyakan aplikasi kompresi menggunakan variasi algoritma dictionary-based LZ (yang diambil dari dua nama penemu algoritma ini, Lempel dan Ziv) untuk mengecilkan file. Sistem ini membuat semacam katalog dengan deretan angka. Kembali ke kutipan JFK di atas, kita bisa membuat katalognya sebagai berikut:

Tanya.Apa.
Yang.
Negara.Berikan.
Pada.
Anda.

Dari katalog di atas, kita dapat merumuskan kutipan JFK menjadi:
"Jangan 1 2 3 4 5 6 7. 1 2 3 7 5 6 4."

Itulah algoritma pengulangan yang digunakan oleh aplikasi kompresi untuk mengecilkan ukuran file, dan merekonstruksinya kembali ke ukuran semula. “Jangan 1 2 3 4 5 6 7. 1 2 3 7 5 6 4.” ditambah daftar kata dalam katalog, tentu lebih pendek daripada “Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda. Tanya apa yang Anda berikan pada negara.”

Dari contoh di atas, kita berhasil memampatkan kutipan JFK dari 93 unit menjadi 36 unit untuk kalimat yang terkompresi, dan 54 unit untuk katalog, atau total 90 unit. Ya, kita berhasil menghemat 3 unit! Namun, seperti kata pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit,” proses kompresi file di komputer mengumpulkan yang sedikit itu, namun dalam jumlah yang besar.

3. Menemukan Pola

Dari contoh di atas, kita mengambil semua kata yang digunakan berulang dan meletakkannya di dalam sebuah katalog. Bagi kita, ini adalah cara yang paling lazim digunakan untuk menulis kamus, index, atau glosarium. Tapi, sebuah aplikasi kompresi melihatnya sedikit berbeda: algoritma kompresi tidak mengenal kata-kata yang terpisah, melainkan mencari pola atau pattern.

Untuk semakin memperkecil ukuran file, aplikasi kompresi memilih pola apa yang harus dimasukkan dalam katalog. Bila melihat kutipan JFK di atas dari sudut pandang ini, kita akan mendapatkan isi katalog yang benar-benar berbeda dari contoh di atas. Aplikasi kompresi memindai kutipan JFK, pengulangan pertama yang dicatat adalah pola huruf  “a” dan  “n” yang dikuti oleh spasi.
Pada frase pertama kutipan tersebut, “Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda.” terdapat empat pola huruf  “a” yang dikuti spasi. Dua pola gabungan huruf  “an” yang diikuti spasi pada “jangan” dan “berikan”. Dua pola gabungan huruf  “ang” pada kata  “jangan” dan “yang”, serta pola-pola lain yang mungkin luput dari perhatian kita.
Berbekal katalog pola (bukan kata) inilah aplikasi kompresi memampatkan sebuah file hingga 90% bahkan lebih, terutama pada file yang memiliki banyak pola yang berulang, misalnya pada file-file yang di dalamnya terdapat tag (HTML, XML, TIFF, dan lain-lain).

f. CD/DVD Burning

CD/DVD Burning adalah utilitas untuk menulis dan memperbaiki masalah-masalah pada sistem operasi atau disk dan memperbaiki kinerja komputer.
CD/DVD burning software berfungsi untuk menuliskan text, graphics, audio, dan file video ke recordable atau rewriteable CD atau DVD.

Contoh : Ahead Nero 6, InfraRecorder, CDBurnerXP, ImgBurn, BurnAware Free, DeepBurner, Burrrn, Ashampoo Burn Free,Tiny Burner, cdrtfe, Nero Kwik Burn/ Nero Lite 10, dll.

Nero :


 Nero Kwik Burn drag dan drop burn, burn data gambar,audio dan video dengan mudah, dengan membawa nama besar NERO sebagai salah satu software burning rom Nero terbaik,Nero Kwik Burn diperkenalkan untuk memompa penjualan nero kwik media salah satu software terbaru dari nero, Lengkap namun filenya besar.


Cara menduplikat isi CD atau DVD ke dalam keping CD atau DVD yang lain.
Begitu Nero Burning ROM aktif, lakukan langkahlangkah di bawah ini:

1. Masukkanlah CD Masternya terlebih dulu.
2. Kalau Anda hanya punya 1 CD Writer saja, matikan option Use
multiple recorders.
3. Untuk mencegah terjadinya kegagalan, Nero Burning ROM
menawarkan alternatif Buffer underrun protection.
4. Apabila Anda ingin menggunakan opsi Simulation, matikan option
Buffer underrun protection di atas.
5. Terakhir, tekanlah tombol Copy .
Proses pembakaran CD sama dengan proses yang terjadi saat kita
menggunakan Nero Express. Nero akan merekam seluruh data yang ada
di CD Master ke dalam hard disk. Selanjutnya, data itu akan
dipindahkan ke dalam CD Destination yang telah Anda siapkan
sebelumnya.

Cara Membakar (Burning) CD/DVD menggunakan Nero StartSmart 10
Cara burning CD ini mudah tapi masih belum terlalu banyak orang yang ingin mengetahuinya. Karena adanya fasilitas yang lain yang lebih mudah tanpa harus Burning. Yaitu contohnya saja Hard disk eksternal dan Flash Disk yang lebih mudah dan simple digunakan.
 Cara burning CD/DVD biasanya berguna untuk menyimpan/membackup data-data berupa gambar di dalam laptop anda. Dan berguna juga untuk menyimpan file yang akan di berikan kepada teman kita.

        Ada beberapa tahap Burning CD dan DVD dengan Menggunakan software Nero Startsmart.
Sebelumnya anda harus mempersiapkan CD/DVD blank yang akan digunakan sebagai penyimpan data dan tentunya Fasilitas Nero Startsmart yang sudah terinstal di laptop/komputer anda.

1. Masukkan CD/DVD blank anda yang akan di isi file. Dan Jalankan program Nero Startsmart. Sehinggga muncul tampilan awal Nero seperti gambar di bawah
2. Arahkan Pointer ke menu Data
Dan akan munculseperti di atas, pilih Burn and Copy Data
3. Lalu
, pilih " data CD" jika anda ingin burning data ke CD . pilih "data DVD" jika anda ingin burning ke DVD


Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar yang ada di bawah ini

untuk memasukan data pilih lah kolom add , seperti gambar di bawah ini yaitu 

sesudah itu semua data yang anda masukan terdapat di dalam kotak, di bawah kotak tersebut terdapat jumlah kapasitas dari CD tersebut kemudian klik "next" perhatikan gambbar di bawah ini 
Lalu kita menentukan lokasi CD kita tersebut pada kolom "Current Recorder"

selanjutnya , berilah nama untuk CD yang kita bakr tersebut , pilih "Disc Name" untuk memberi nama
Selanjutnya pilih "burn" untuk melanjutkan
Dan ini lah proses membakar (burning) CD tersebut, tunggu lah progress hingga 100% , jika sudah selesai dan berhasil maka CD/DVD yang anda bakar (burning) tersebut akan meng eject (keluar) sendirinya dari cd room leptop/komputer anda




INTERNET


1. Pengertian dan Fungsi Internet
2. Dampak Positif dan Negatif Internet.
3. Sejarah dan Perkembangan Internet.
4. Jenis ISP (Internet Service Provider)
5. Cara Upload dan Download File Di Internet.
6. Sejarah Perkembangan Komputer.


1.     Pengertian dan Fungsi Internet
  
        Di era modern seperti sekarang ini, peranan internet tidak pernah lepas dari berbagai aktivitas manusia, baik belajar, bekerja, atau mencari informasi. Untuk tujuan memperkaya pengetahuan kalian tentang internet, saya berbagi pengetahuan kepada kalian yaitu Pengertian dan manfaat internet.
Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network, yaitu kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalan sebugah jaringan. Disebut saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang berada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Semua jaringan yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yagn disediakan di internet secara gratis.
Internet merupakan dunia tanpa batas. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh sebab itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.
Internet merupakan salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan anda mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, dan hukum atau biokrasi suatu negara.


MANFAAT INTERNET
 Tingginya mobilitas penggunaan internet menuntut jaringan yang fleksibel, sehingga seseorang yang sedang berpergian tetap dapat mengakses internet walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan, sehingga dikembangkannya jaringan tanpa kabel (wireless). Berikut manfaat internet secara umum.

1. Mencari informasi (hosting) dan research di internet
Hosting dilakukan seseorang untuk mencari berita, referensi, maupun bacaan. dengan hosting, pengguna dapat memperoleh informasi yang banyak. Bahkan, pengguna internet sering mengupload hasil penelitian, penulisan, dan karya terbarunya ke internet agar dapat diakses oleh pengguna lain.

2. Berkirim surat (e.mail)
E.mail merupakan suatu kegiatan berkirim surat melalui media internet. E-mail (Electronic mail) sudah banyak digunakan saat ini dan sangat populer. Di mana pengirim dapat mengirimkan surat secara langsung dan penerima surat yang letaknya berjauhan juga dapat secara langsung menerima surat tersebut dengan syarat keduanya sedang online.

3. Berbelanja online (e-commerce)
E-commerce (Electronic commerce) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Ada banyak bentuk perdagangan secara elektronik yang banyak dilakukan saat ini. Misalnya, internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, dan sebagainya. Di Indonesia telah disediakan beberapa website khusus sebagai website untuk penjualan barang-barang seperti glodokshop.com, apotikonline.com, tokobagus.com, zalora.com, dan lain-lain.

4. Internet banking
Internet banking atau electronic banking (e-banking), cyberbanking, virtual banking, home banking, maupun online banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Manfaat adanya internet banking bagi nasabah, yaitu nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja (asalkan tersedia fasilitas internet). Sedangkan bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional. Di Indonesia bank-bank yang telah menyediakan jasa internet banking antara lain Bank BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, BII, dan lain-lain.

5.
Belajar jarak jauh (e-learning)
E-learning atau sering disebut juga dengan e-education adalah kegiatan belajar pada tempat yang saling berjauhan dengan menggunakan media tertentu, misalnya Volp, Skype, dan sebagainya. Di Indonesia yang mempinyai program belajar jarak jauh, misalnya Universitas Terbuka. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one to one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one to many communication). Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui teleconference. Pemanfaatan internet akan membuat proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan hasil yang diperoleh pun akan menjadi lebih maksimal.

6.
Mengobrol (chatting)
Chatting adalah kegiatan atau pola bicara di internet. Jika telepon menggunakan bunyi untuk berkomunikasi, sedangkan chatting di internet menggunakan media tulisan. Sama halnya dengan fasilitas lainnya, dalam internet menawarkan kemudahan, kecepatan, dan biaya yang murah.
2.   Dampak Positif dan Negatif Internet
 Pada zaman globalisasi seperti sekarang ini, mungkin kita sudah akrab dengan internet. Melalui internet kita mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan tanpa mengenal birokrasi, demografi dan perbedaan waktu.
Internet merupakan jaringan komputer global yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Jaringan ini meliputi jutaan  komputer yang saling terhubung dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
Jaringan ini memungkinkan berbagai aplikasi ditransfer  antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang terhubung dalam internet.
Internet sendiri pada awalnya muncul pada tahun 1969 di AS, yaitu teknologi yang diawali oleh proyek yang dilakukan oleh departemen AS. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin milyaran, isinya memuat berbagai topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk kehidupan manusia. Di bawah ini akan dijelaskan berbagai dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.
Dampak Positif Internet
a.      Sebagai Media Komunikasi
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Misalnya komunikasi melalui chatting, kirim e-mail, video conference, termasuk situs jejaring sosial seperti facebook, tweeter, dan friendster yang digandrungi para remaja untuk mencari teman.

b.     
Internet Sebagai Media Pertukaran Data
Internet bisa sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, FTP dan www (world wide web) yang memungkinkan para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

c.     
Internet Sebagai Media Untuk Mencari Informasi Atau Data
Informasi kini sangat cepat berkembang, berita yang kita baca kemarin atau satu minggu yang lalu di media cetak mungkin sudah tidak relevan di hari ini. Bahkan informasi yang tidak terdapat di media cetak, bisa kita dapatkan melalui internet. Hanya dengan mesin pencari seperti google, yahoo, msn, informasi penting yang dicari bisa didapatkan dengan cepat dan akurat. Hal ini sangat dibutuhkan oleh siswa dan mahasiswa untuk mencari data.

d.     
Internet  Sebagai Media Pendidikan dan Hiburan
Melalui internet kini sudah banyak tersedia perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, perangkat pendidikan tersebut kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, dapat ditambahkan gambar, foto, musik, serta video yang mendukung, sehingga anak semakin suka belajar melalui internet.
Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play). Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Kini juga banyak berkembang kursus-kursus yang diadakan melalui internet, dimana peserta kursus tidak mesti harus datang belajar ke tempat kursus pada waktu-waktu tertentu , namun cukup belajar secara online dari rumah kapan saja, misalnya belajar internet marketing di asianbrain.com

e.     
Internet Sebagai Media Bertransaksi Dan Berbisnis
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis melalui internet memungkinkan kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan. Internet bukan hanya untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan melalui internet ini disebut E-Commerce (electronic commerce) yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Misalnya membeli baju, membeli ebook, beraneka kue kering, kerajinan tangan, langganan majalah, beli laptop, dan lain sebagainya.
Dampak Negatif Internet
Selain berbagai manfaat positif yang kita dapatkan melalui internet, ternyata ada beberapa orang yang justru memanfaatkan kecanggihan internet untuk hal-hal yang bersifat negatif. Berikut beberapa dampak negatif dari penggunaan internet.
a.      Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Terutama bagi kaum remaja Disana mereka bisa melihat gambar-gambar porno, adegan-adegan yang bisa menggoyahkan iman manusia, dan itu semua dapat merusak moral para remaja yang merupaka generasi penerus bangsa.
b.      Violence and Gore (kekejaman dan kesadisan)
Banyak juga game-game online yang memperlihatkan hal yang bersifat sadis, kejam. Hal ini bisa bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal, perilaku agresif dan sadisme terutama bagi anak-anak.
c.      Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Contohnya  adalah penipuan undian berhadiah, atau iklan-iklan/program kaya secara instan . Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
d.      Carding (Kejahatan penggunaan karu kredit)
Tren belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet karena sifatnya yang real time (langsung). Oleh sebab itu para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan kartu kredit) on-line dan mencatat kode kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
Diantaranya adalah pencurian uang di bank melalui internet, dan biasanya orang yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk di deteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tertentu dalam pelaksanaan misi mereka. Ada juga membeli barang tertentu menggunakan kode kartu kredit orang lain tanpa diketahui oleh pemiliknya ternyata saldo di rekeningnya telah berkurang.
e.      Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya, hanya cukup online dari rumah saja, dan taruhannya biasanya ditransfer melalui kartu kredit. Namun kita tidak mudah terjebak dari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Nah sekarang semuanya tergantung kita sendiri mau memanfaatkan internet sebagi hal yang positif yang sudah jelas akan memberikan segudang  manfaat untuk kehidupan kita, atau malah memanfaatkan sisi negatif yang pasti nantinya akan merugikan kita sendiri.
3
.     Sejarah dan Perkembangan Internet

Sejarah internet dimulai pada tanggal Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.

Proyek dari ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Sejarah dari internet awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer/ Kemudian beliau merencanakan jaringa yang disebut ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET telah melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi. 
Sejarah internet juga dimulai dengan komputer pertama berada di university of California Los Angelos, komputer ke dua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan koputer ke emat berada di University Utah. Pada tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washignton.
Sejarah Pada tahun 1972 sejarah perkembangan internet menjelaskan Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA beruah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.
Sejarah pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini berguna untuk melakukan file transfer. Pada tahun 1979 news group yang diberi nama USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adalah Tom Truscott dan Jim Ellis (kedua mahasiswa di Duke University) dan Steven Bellovin (dari Universitas North Carolina). 
Pemakai dari seluruh dunia bergabung ke grup diskusi ini membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya. Sejarah internet, pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA membentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET. Selanjutnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai sebuah sntadar. Saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.
Sejarah internet pada tahun 1983 ialah John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS) dan mengusulka sistem pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com.
Pada tahun 1986 TCP/IP mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Tahun ini pula National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya ditujukan untuk kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial

B.SEJARAH INTERNET DUNIA
 Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.
         Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.
        Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.

          Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.
        Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).
Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.

KEJADIAN PENTING LAINYA
 Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk transmisson contol protokol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran netscape navigator.

D.PERKEMBANGAN INTERNET
 Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini.
Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu :
1.    Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
2.  Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
3.  Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.

4.  Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai
sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

E.INTERNET SAAT INI

          
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog.
         Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

F.BUDAYA INTERNET

          Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim. Perkembangan
Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.
         Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

G.TATA TERTIB
INTERNET

     Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

H.ISU MORAL DAN UNDANG-UNDANG

         Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag.
         UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999. Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.
akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
I.AKSES INTERNET

         Negara dengan akses
Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.

        Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya

JENIS-JENIS IPS
1. Pengertian ISP.

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.

Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyaktumbuh

2. Macam -macam ISP
a. Teknologi jaringan nirkabel (Wireless Network),
yang sangat memudahkan penggunanya dalam mengakses Internet. Namun begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dalam penggunaan jaringan nirkabel ini dapat berjalan dengan aman.
b. Teknologi 3G
Teknologi 3G (Third Generation) merupakan teknologi nirkabel berkecepatan tinggi yang tidak membutuhkan access point karena 3G menggunakan sistem ponsel yang telah ada.
c. Teknologi Wi-Fi
Wi-Fi (Wireless Fidelity) merupakan sebuatan untuk beberapa standart yang masuk dalam kelompok standart 802.11 dalam transisi nirkabel yang dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers).
d. EVDO( Evolution Data Only/Evolution Data Optimized)
EVDO ( Evolution Data Only/Evolution Data Optimized)  atau sering disingkat menjadi EVDO, EV-DO, EvDO, 1xEV-DO or 1xEvDO.   
e. Tipe
Terdapat empat tipe dasar dari layanan Internet. Dial-up, ISDN (Integrated Services Digital Network), digital subscriber line (DSL) dan kabel.
f. AT&T
AT&T kembali meluncurkan seri Windows Mobile Smartphone-nya tang diberi nama AT&T Tilt. AT&T Tilt ini mempunyai beragam kelengkapan mulai dari keyboard QWERTY, kamera 3 MP, GPS Receiver dan sudah support 3G.


g. PGP (Pretty Good Privacy)
PGP (Pretty Good Privacy) merupakan sebuah teknik enkripsi yang dikembangkan oleh Philip Zimmerman. PGP merupakan salah cara yang paling banyak dipakai untuk melindungi pesan yang dikirim melalui Internet, oleh karena penggunaannya yang gratis, mudah dan efektif.
3. Fungsi utama ISP
  Menyediakan layanan jaringan internet bagi pelanggannya.
  Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet.
  Sebagai sarana dagang koneksi internet.

4. Jenis layanan ISP (7 macam)
1. Connection Speed (Kecepatan Koneksi)
a.       Kecepatan download bervariasi dari 56 kbps untuk dial up dan 1,5 mbps atau lebih untuk teknologi yang lebih tinggi seperti DSL dan Modem Kabel.
b.      Koneksi kecepatan tinggi direkomendasikan untuk seseorang yang banyak mendownload program, memainkan game online, atau menjalankan server mereka sendiri.
2. Video on Demand
a. Download film secara real-time yang membuat user dapat melihat film di internet secara langsung. Layanan ini juga disebut dengan Streaming Video.
3. Content Filtering (Penyaringan Konten)
a. ISP menyediakan software yang dapat mencegah materi spesifik yang terdownload berdasarkan spesifikasi user.
b. Software ini sering digunakan untuk memblock situs yang tidak pantas dan memblock serangan sebuah situs.
4. Virus Scanning
a. ISP sering memasukkan virus scanning dan anti-spam dalam bagian dari paket koneksinya.
b. ISP kebanyakan memindai kode berbahaya dari file yang diupload dari user dan yang sampai ke user berikutnya.
5. IP Telephone
a. ISP juga menyediakan layanan IP Telephone yang memungkinkan user untuk menelepon dan menerima telepon dari internet.
b. Ketika menggunakan internet, jarak jauh biasanya tidak berlaku.

6. Personal Home Pages
a.       Personal Home Pages sering disediakan dalam layanan ISP. Biasanya ukuran ruang web dan trafik yang disediakan terbatas.
b.      Disain dan perawatan website tergantung dari penciptanya.
7. Web Hosting Services
a. Organisasi yang tidak mempunyai server dapat menggunakan server ISP sebagai server mereka.
b. Web Hosting Service biasanya dibeli berdasarkan ukuran web site dan antisipasinya setiap bulan.

5. ISP yang ada di Indonesia

1.  Telkom.net.id
ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan :jaringan yang sangat luas
b.      Kekurangan: harga yang relaitf mahal


2.  Broadlink.net
ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan: Kecepatan internet yang sangat cepat
b.      Kekurangan: Biaya yang sangat mahal
3.  Link.net
ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan: kecepatan internet 56 Kbps dan tingkat keberhasilan koneksi yang terjamin
b.      Kekurangan: Kapasitas mailbox yang kecil
4.  Bit.net
ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan: Biaya yang murah
b.      Kekurangan: Tidak dapat melalui telpon seluler (GSM), untuk informasi hubungi operator seluler.
5.   Starone.net
ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan: Sinyal yang kuat dan relatif cepat
b.      Kekurangan: Biaya yang mahal
6.   Idola.net.id
ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan: penghematan biaya karena tidak membutuhkan akses dedicated connection, penghematan waktu dengan koneksi cepat dan efisien khususnya untuk staf yang bekerja di luar kantor (mobile). Selain itu akses terkontrol ke private network melalui jaringan internet secara aman dan efisien
b.      Kekurangan: ISP sudah tak tersedia
7.   Xl.co.id
ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan: Biaya yang murah
b.      Kekurangan: kecepatan internet yang tidak labil di waktu tertentu

8.  Fleksi.net
ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan: Biaya yang murah dan akses setiap saat
b.      Kekurangan: Sinyal tidak tetap,selalu berubah-ubah
9.   Blueline.net
ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan: akses yang cepat,sinyal yang kuat, dan akses yang murah
b.      Kekurangan: Baru tersedia hanya di sekitar Bali dan sebagian Pulau Jawa
10. Cepat.net
 ISP  memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a.      Kelebihan: Koneksi tanpa batas,berkecepatan tinggi, tarif yang sangat kompetitif, Kepemilikan     jaringan infrastruktur sendiri dengan jangkauan yang luas, Kehandalan yang tinggi dan Pelayanan yang responsif, Fleksibilitas produk & layanan sesuai kebutuhan pelanggan/mitra
b.      Kekurangan: Sinyal yang selalu berubah 




Sejarah Perkembangan Komputer 

Awal mula kata komputer dipergunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan melakukan perhitungan aritmatika. Namun, sekarang ini komputer diartikan kepada sebuah perangkat mesin tersebut.
Dalam pengertian yang paling mendasar, komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. Dalam hal ini, komputer pertama yaitu sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi artimatika dasar.

Dalam sejarah dan perkembangan komputer, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya. Yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut yaitu “1″ dan “0″ yang mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar, suara, teks dan lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai.

Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Pgamroposal ENIAC dirancang oada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.
ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan 167 m2.
Mesin Von Neumann

Mesin ini dikembangkan oleh seorang ahli matamatika yaitu John Von Neumann yang juga merupakan kosultan proyek ENIAC. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah konsep untuk mempermudah proses program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan dalam memori untuk semua data. Gagasan ini juga dibuat hampir pada waktu yang bersamaan dengan Turing. Selanjutnya Von Neumann mempublikasikannya dengan nama baru yaitu: Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC).

Semua input dan output dilakukan melalui kartu plong. Dalam waktu satu detik, ENIAC mampu melakukan 5.000 perhitungan dengan 10 digit angka yang bila dilakukan secara manual oleh manusia akan memakan waktu 300 hari, dan ini merupakan operasi tercepat saat itu dibanding semua komputer mekanis lainnya. ENIAC dioperasikan sampai tahun 1955. Teknologi yang digunakan ENIAC adalah menggunakan tabung vakum yang dipakai oleh Laboratorium Riset Peluru Kendali Angkatan Darat (Army’s Ballistics Research Laboratory-LBR) Amerika Serikat.

Selanjutnya mesin ini dikembangkan kembali dengan perbaikan-perbaikan pada tahun 1947, yang disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik terprogram modern yang disediakan secara komersial dengan nama EDVAC, EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator), dan UNIVAC1 dan 2 (Universal Automatic Computer) yang dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly. Untuk pertama kalinya komputer tersebut menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan secara cepat.

Dengan konsep itulah John Von Neumann dijuluki sebagai bapak komputer modern pertama di dunia yang konsepnya masih digunakan sampai sekarang. John Von Neumann lahir di Budapest, Hongaria 28 Desember 1903 dan meninggal pada tanggal 8 Februari 1957 di Washington DC, AS. Von Neumann sangat cerdas dalam matematika dan angka-angka. Pada usia eman tahun dia sudah dapat menghitung pembagian angka dengan delapan digit tanpa menggunakan kertas atau alat bantu lainnya. Pendidikannya dimulai di University of Budapest pada tahun 1921 di jurusan kimia. Tapi kemudian dia kembali kepada kesukaannya, matematika, dan menyelesaikan doktoralnya di bidang matematika di tahun 1928. di tahun 1930 dia mendapatakan kesempatan pergi ke Princeton University (AS). Pada tahun 1933, Institute of Advanced Studies dibentuk dan dia menjadi salah satu dari enam professor matematika di sana. Von Neumann kemudian menjadi warga negara Amerika.

Von Neumann juga merupakan orang pertama yang mencetuskan istilah “Game Theory” yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk mensimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Dia juga bermanfaat untuk mensimulasikan perang
Pada pertengahan tahun 1950 UNIVAC mengalami kemajuan dalam beberapa aspek pemrograman tingkat lanjut, sehingga merupakan komputer general purpose pertama yang didesain untuk menggunakan angka dan huruf dan menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output-nya. Inilah yang dikatakan sebagai kelahiran industri komputer yang didominasi oleh perusahaan IBM dan Sperry. Komputer UNIVAC pertama kali digunakan untuk keperluan kalkulasi sensus di AS pada tahun 1951, dan dioperasikan sampai tahun 1963.

 

Komputer-Komputer IBM
IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 pada tahun 1953 yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer paling populer sampai tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk menggantikan IBM 701 yang kemudian memantapkan IBM dalam industri pengolahan data.
 

Komputer Generasi II (1959-1964)
Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:
* Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
* Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
* Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
* Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
* Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
* Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
* Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
* Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
* Orientasi program tidah hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
UNIVAC III
Dibanding denga tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranta UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

Komputer Generasi III (1964-1970)
Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.
IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
 * Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000
* Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
* Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).

* Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.
IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation) merupakan contoh-contoh komputer generasi ketiga.

Komputer Generasi IV (1970-1980-an)
 Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
Komputer Generasi IV: Apple II
Komputer Generasi IV: Apple II
Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).

Komputer Generasi IV: PDP 11
Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC).
 Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.

Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.

Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.

Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.

Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.

Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
KOMPUTER MASSA DEPAN
Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.


Kemungkinan Komputer Masa Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan

 

Cara Upload Dan Download File

a.    Upload File
Baiklah disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara mengupload file ke internet, kita dapat mengupload file dengan bantuan file hosting yang ada di internet seperti :
1.      Mediafire
2.      4ashared
3.      Ziddu
4.      Googledocs
5.      File upload
6.      Dll

Namun disini saya akan mengambil satu contoh dari beberapa file hosting yang ada untuk saja jelaskan langkah-langkah mengupload file.

Saya akan menggunakan file hosting Ziddu anda dapat mengakses nya dengan mengetik www.ziddu.com .
1.      Masuk ke ziddu dengan mengetik www.ziddu.com
Upload File Ke Ziddu
 Ziddu adalah situs penyedia layanan penyimpanan file gratis. Sebagai member, kita dapat memperoleh penghasilan setiap kali ada file yang di-download. Selain kapasitas penyimpaan file yang besar, Ziddu juga mendukung berbagai bahasa.

Cara upload file ke Ziddu sangat mudah, hampir sama dengan cara upload file ke 4shared. Jika file yang akan di-upload terlalu besar, maka sebaiknya dikompressi dulu dengan WinZip atau WinRar.

Cara Daftar ke Ziddu.com:

1.       Buka http://www.ziddu.com.

2.       Click Register.

3.       Isi Nama, Email, Password, Kode Verifikasi, dan jangan lupa centang I Agree Term and Condition

4.       Click Submit.

5.       Selesai.

               
   Cara Upload File ke Ziddu:
   1.       Login ke Ziddu.
   2.       Click Upload File
                 3. Tentukan jumlah File yang akan di-upload, Browse File kemudian click Upload.
                 
                4.Setelah itu Ziddu akan memberikan URL download untuk file tersebut.


    3. Jika URR tersebut digunakakan atau di click, maka akan tampil   halaman downloadseperti di bawah.


        Mendownload File


 Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang langkah-langkah download file, download file juga dapat melalui media hosting seperti :
 .     4ashared
 .     Ziddu
 .     Mediafire 
 .     File upload
  .     Skypad
.             Dll

Disini saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah mendownload dengan menggunakan 4shared \Mendownload merupakan mengambil file baik berupa data, dokumen, ataupun lagu dll.

1. Langkah yang pertama buka www.4shared.com karena saya akan menampilkan cara mendownload file lagu . Setelah tampil halaman Web 4shared seperti terlihat pada gambar dibawah ini ;


2. Ketik di kotak pencarian "search" nama band beserta judul lagunya seperti terlihat pada gambar di bawah ini ; 


3. Setelah muncul lalu kita pilih lagu yang kita inginkan lalu klik link tersebut ;

 

4. Setelah itu lalu akan tampil gambar sebagai berikut. Lalu anda klik yang bertulisanDownload Now 

 
5. Setelah itu akan muncul halaman baru yang akan menampilkan kata "Click Here To Download This File" yang artinya Klik disini untuk mengambil file. Lalu silahkan anda klik ;


6. Setelah itu akan muncul Kotak yang bertanda bahwa file sudah siap di download ( Kebetulan saya memakai IDM ). Lalu klik Start Download untuk mendownload file tersebut ;

7. Lalu akan tampil proses pendownloadan seperti terlihat pada gambar dibawah ini ;


8. Gambar dibawah ini bertanda bahwa file sudah selesai di download. Lalu dibawah ada beberapa pilihan. Jika anda ingin membuka langsung file yang sudah didownload klik Open Folder ;

9. Maka akan muncul data atau lagu yang sudah kita download di window explorer ;
Setelah itu bebas mau anda apain juga, mau di hapus, di play ataupun di edit lagi. 

Setelah itu bebas mau anda apain juga, mau di hapus, di play ataupun di edit lagi






TERIMAKASIH 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar