Stimik-Amik-Riau (fikri)
UTILITAS INTERNAL DAN EXTERNAL DENGAN INTERNET
Secara kasar, setengah dari kutipan JFK di atas adalah pengulangan. Tujuh kata (tanya, apa, yang, negara, berikan, pada, Anda) memberikan hampir semua informasi keseluruhan kutipan. Untuk membangun setengah kutipan bagian akhir, kita hanya menunjuk kata-kata yang ada pada setengah kutipan bagian awal, dan mengisinya dengan spasi.
f. CD/DVD Burning
Selanjutnya
pilih "burn" untuk melanjutkan
Utility/Utilitas adalah kegunaan.
Perangkat lunak utilitas merupakan perangkat lunak
komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi,
dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Perangkat lunak
utilitas harus dibedakan dengan perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan
pengguna melakukan berbagai hal dengan komputer seperti mengetik, melakukan
permainan, merancang gambar, dan lain-lain. Perangkat lunak utilitas lebih
memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang
terdapat dalam sebuah komputer. Karena fungsinya, perangkat lunak utilitas
umumnya tidak ditujukan untuk pengguna secara umum, melainkan ditujukan untuk
pengguna yang memiliki pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup
baik.
Kebanyakan perangkat keras utilitas ini dibuat secara
khusus untuk melakukan fungsi tertentu pada suatu area komputasi secara
spesifik, seperti memformat harddisk, atau melakukan pengecekan konektifitas
jaringan. Namun dalam perkembangannya sejumlah perangkat lunak utilitas
terkadang pula dipaketkan dalam satu paket utilitas yang ditujukan untuk
beragam kebutuhan.
Jenis-jenis program utilitas terbagi atas 2 yaitu:
1. Program Utilitas Internal (bawaan)
2. Program Utilitas Eksternal (bukan bawaan)
1. Program Utilitas Internal (bawaan)
Utility internal adalah utility yang sudah ada pada
Windows, secara default sudah terinstall pada saat selesai menginstall Windows.
Contoh : Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk
menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, Calculator, Paint
(menggambar) dan lain-lain. Utility internal banyak terdapat di Control Panel,
misalnya fonts, add remove, printer, system dan lain-lain.
File Manager adalah Program utilitas yang melakukan
fungsi-fungsi yang berkaitan dengan manajemen file, seperti memformat dan
menyalin disk, menampilkan daftar file, memeriksa jumlah ruang yang digunakan
dan ruang kosong pada media penyimpanan, mengorganisasikan, merename,
menghapus, memindahkan dan mengurutkan file-file. Untuk melakukan file manager
salah satunya dengan cara mengklik langsung file/data yang ingin di managemen,
lalu silahkan pilih perintah managemen apa yang ingin dilakukan.
Cara kerja File Manager :
1. Silakan login terlebih dahulu ke cPanel anda dan sesampainya di halaman
utama dari cPanel, pilihlah opsi File Manager di kategori Files.
2. Pilihlah opsi Web Root (public_html/www) saat boks pop-up muncul dan
centang opsi Show Hidden Files diikuti pengeklikan tombol Go.
3. Menu File Manager akan muncul dan menampilkan konten direktori terpilih.
Klik kanan sembarang file atau direktori yang ingin dikelola izin aksesnya,
lalu pilih opsi Change Permission di menu konteks yang muncul. Pemilihan atau
penyeleksian dapat pula dilakukan untuk beberapa file atau direktori secara
bersamaan (batch) dengan cara menekan-tahan tombol Ctrl di keyboard sembari
mengklik file atau direktorinya.
4. Boks Change Permission akan muncul dan Anda dapat memberikan kombinasi
izin aksesnya dengan cara mengaktifkan opsi Read, Write dan Execute. Alternatif
lain cukup mengisikan angka izin aksesnya di bagian Permission. Terapkan
modifikasinya dengan mengklik tombol Change Permission.
Selain menggunakan cara di atas, tersedia juga alternatif cara lain untuk
modifikasi izin akses file atau direktori di File Manager, hanya saja cara ini
berlaku untuk sebuah file atau direktori terpilih saja.
Setelah sampai di langkah ketiga di atas, Anda akan menjumpai kolom Perms
di masing-masing file atau direktori (paling kanan). Hanya dengan mengklik
ganda kolom tersebut di file atau
direktori terpilih, maka akan muncul boks kecil untuk mengisikan angka yang
mewakili izin akses yang baru. Terapkan dengan mengklik tombol Save.
Personal Firewall adalah program utiltas yang
berfungsi untuk mendeteksi dan melindungi komputer dari usaha computer lain
untuk masuk ke komputer tanpa izin.
Personal Firewall untuk mendeteksi dan mengamankan
personal computer dari instruksi-instruksi yang tidak dikenal (unauthorized
intrusions).
Cara kerja Personal Firewall:
Firewall pada dasarnya merupakan
sebuah penghalang antara komputer anda (jaringan)dengan internet. Firewall bisa
diumpamakan sebuah satpam yang menjaga pintu gerbang rumah
anda untuk menyaring pengunjung yang datang ke tempat anda. Demikian pula
dengan Firewall adalah sebuah software atau hardware yang menyaring
informasi (paket) yang datang melalui internet ke komputer pribadi
anda atau jaringan komputer.
Firewall dapat memutuskan untuk
mengizinkan atau memblokir lalu lintas jaringan antara
perangkat berdasarkan setting-an yang telah dikonfigurasi atau ditentukan oleh
administrator firewall. Kebanyakan personal firewall seperti Windows
firewall telah dikonfigurasi untuk settingan untuk settingan yang
paling umum dan paling banyak digunakan ketika anda menggunakan windows, jadi
tidak perlu khawatir untuk melakukan settingan ulang terhadap Windows firewaal
bawaan dari microsoft.
Firewall menggunakan satu atau lebih
metode berikut untuk mengatur lalu lintas masuk dan keluar dalam sebuah
jaringan:
1. Packet
Filtering : Pada metode ini paket (potongan kecil data) dianalisa dan
dibandingkan dengan filter. filter paket memiliki seperangkat
aturan yang datang dengan tindakan menerima dan menolak yang pra-dikonfigurasi
atau dapat dikonfigurasi secara manual oleh administrator firewall.. Jika paket
berhasil membuatnya melalui filter ini maka itu diperbolehkan untuk mencapai
tujuan, kalau tidak akan dibuang.
2. Stateful Inspeksi : Ini
adalah metode baru yang tidak menganalisa isi dari paket. Sebaliknya ia
membandingkan aspek kunci tertentu setiap paket database sumber terpercaya..
Kedua paket yang masuk dan keluar dibandingkan terhadap database ini dan jika
perbandingan menghasilkan pertandingan yang wajar, maka paket yang diizinkan
untuk melakukan perjalanan lebih lanjut. Jika tidak, mereka akan dibuang.
Disk Defragmenter adalah program utilitas yang menata
kembali file-file dan ruang-ruang kosong pada hardisk komputer agar sistem
operasi dapat mengakses data dan program dapat berjalan ledih cepat.
Fungsi Defrag adalah mengatur kembali tata-letak
file-file yang rusak/kacau karena penghapusan dan penulisan, dan menghapus
jejak file yang tidak hilang pada saat penghapusan.Defrag perlu dilakukan
secara teratur untuk dalam waktu mungkin 1-2 minggu sekali.
Cara kerja Disk Defragmenter :
1. Melihat data² dalam hard disk
2. Memindahkan data yang perlu dipindahkan ke tempat
kosong (oleh karena itu defragment pada MS Windows memerlukan minimal 15%
kapasitas hard disk)
3. Mengelompokkan data berdasarkan kategorinya
4. Data yang terlalu besar dibiarkan pada tempatnya
5. Data sistem dibiarkan pada tempatnya
Utilitas Backup adalah suatu program utilitas yang memungkinan
pengguna untuk menyalin atau membackup file-file terpilih atau seluruh hard
disk ke media lain seperti CD, DVD, dll
Backup Utility berfungsi untuk melakukan duplikasi
file-file yang dipilih atau seluruh hard disk ke disk atau tape. Umumnya
melakukan compress files pada saat melakukan backup sehingga membutuhkan tempat
lebih kecil.
Cara kerja Utilitas Backup :
Buka program aplikasi Nero Burning
ROM dari menu Start Program Nero Nero Ultra 6 Edition Nero BackItUp
Klik tombol
icon menu Create New Back Up
Jika anda
yakin akan membuat backup software atau file maka klik Next
Ada dua pilhan
check list yang harus anda pilih: Pilihan file dan folder Memodifikasi backup
file yang sudah ada Jika membuat file back up baru klik Next
Dari menu pilihan
file dan folder anda memilih program aplikasi software yang ada pada partisi
untuk diback-up Dengan klik pada chek list pada bagian yang akan anda
backup.
Perhatikan
besarnya folder, file dan ukurannya, jika anda yakin klik Next.
Pada menu
pengaturan backup anda dapat menentukan sasaran yang akan dibackup , type dari
back up dan apakah anda akan menyaring file yang di back up . jika anda sudah
yakin klik Next
Menu pilih sasaran
dapat anda klik pada target path dan berilah nama file back anda jika perlu
anda dapat memberinya komentar selanjutnya klik Next
Jika semua sudah
selesai maka anda sudah siap untuk membackup software dan klik Backup maka
proses backup akan berlangsung dan silajkan tunngu hingga selesai.
Tunggulah proses back up
selesai dan pada backup ini file akan dicompress dan dilanjutkan dengan proses
pengcopian.
Utilitas Diagnostik berfungsi untuk mengumpulkan
informasi teknis mengenai hardware dan software tertentu dari komputer kemudian
membuat laporan yang menggarisbawahi masalah-masalah yang teridentifikasi.
Image Viewer adalah program utilitas yang memungkinkan
pengguna untuk menampilkan, menyalin dan mencetak isi dari file gambar.
Disk Scanner adalah utilitas yang diinstal pada sistem
komputer untuk membaca kesalahan dalam rangka untuk mengoptimalkan kinerja
sistem. Ini berarti mengoreksi kesalahan yang mencegah program berjalan dengan
baik. Disk scanner mendeteksi dan memperbaiki masalah-masalah fisik maupun
logis pada hard disk serta mencari dan menghapus/membersihkanfile-file yang
tidak diperlukan. Pada dasarnya, disk scanner meningkatkan memori system,dalam
rangka untuk mencegah dari overloading sementara operasi.
Cara Kerja Disk Scanner :
scan disk melakukan pemeriksaan pada
komputer anda untuk menemukan error-error tersebut. Setelah selesai dia akan
menampilkan hasil pencariannya. Misalnya, dia menunjukkan apakah telah terjadi
error dan menginformasikan bahwa error tersebut sudah diperbaiki.
Uninstaller
adalah program utilitas untuk menghapus program dan berkas-berkas yang
berkaitan dengan file sistem.
Screen Saver adalah utilitas yang menyebabkan
perangkat layar tampilan menampilkan gambar bergerak atau layar kosong jika
tidak ada aktivitas pada keyboard atau mouse selama waktu yang telah
ditentukan.
j. Kriptografi
Utilitas
Kriptografi Utilitas
dapat membantu dalam mengkonversi ke dalam kode bahasa biasa dan juga
mengkonversi kode ke dalam bahasa biasa. Oleh karena itu, berguna dalam
mengenkripsi dan mendekripsi file.
Cara kerja Screen Sever :
Hanya memuat foto, pilih efek transformasi, menambahkan objek animasi, dan
klik tombol untuk membangun screensaver. Opsional dapat mengatur properti dari
masing-masing animasi screensaver.dapat mengontrol gerakan, penampilan, dan
fitur lainnya dengan beberapa klik mouse.
j. Kriptografi Utilitas
Kriptografi Utilitas dapat membantu dalam mengkonversi
ke dalam kode bahasa biasa dan juga mengkonversi kode ke dalam bahasa biasa.
Oleh karena itu, berguna dalam mengenkripsi dan mendekripsi file.
2. Program Utilitas Eksternal (Bukan Bawaan)
Utility External adalah utility yang bukan bawan
Windows, harus menginstall terlebih dahulu
Registry Cleaner adalah program utilitas yang
berfungsi untuk membersihkan file-file yang menumpuk di registry yang membuat
perlambatan pada komputer seperti booting lebih lama,sehingga jika kita telah
meregistrinya maka akan menghilangkan perlambatan pada komputer.
Contoh : RegCleaner, JvPowerTools, Norton System
Works, Registry Cleaner, Advanced SystemCare, SystemSuite, TuneUp Utilities,
BoostSpeed, System Mechanic Professional (SMP), Advanced System Optimizer
(ASO), Advanced SystemCare, CCleaner.
Penyebab
komputer menjadi lambat seringkali disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu
diantaranya disebabkan oleh sisa-sisa registry yang sudah tidak terpakai.
Beberapa tools utilities untuk registry cleaner, banyak yang kesulitan/belum
mampu mendeteksi secara keseluruhan pada sistem registry komputer. Kesalahan
mendeteksi sebagai registry yang usang juga sering ditemui, ujung-ujungnya
komputer sering hang karena salah mendeteksi dan menghapus dari sebuah
registry.
Dengan software bernama Registry Cleaner 2010 v4.0.0.0
ini, mungkin kita akan sedikit terbantu dengan mengidentifikasi masalah dan
memperbaiki kesalahan komputer, meningkatkan kecepatan dan kinerja, serta
mencegah komputer crash/hang.
Sekilas jika di pandang, software ini sedikit mirip
dengan Registry Booster 2010 untuk proses Registry Scan, Restore, hingga untuk
Overviewnya. Tampilan overview dari Spotmau Registry Cleaner 2010
Cara kerja Registry Cleaner :
menemukan titik KEY referensi dan men-cek
keterkaitannya dengan KEY lain. Umumnya tool registry cleaner telah di sematkan
fungsi pencirian antara registry Rusak atau Registryyang sengaja dibiarkan
bagaimana adanya.
Penyebab crashnya Windows teman anda dapat diakibatkan ia melakukan kesalahan saat menginstall Program (ukuran besar spt. Photoshop, Dreamweaver, Antivirus) yang bersinggungan dengan registry system. Jadi saat ia gagal menginstal dan berniat membersihkan registry, registry ditemukan "error" dan akhirnya registry cleaner pun mencabut entri registry tersebut, hal ini memberikan efek bola salju jika ia menscannya lagi. Karena key yang terhapus tadi mungkin menjadi titik referensi oleh key yang lain, sehingga program pun akan menghapusnya. Semakin banyak penghapusan semakin banyak error dan akhirnya windows tak dapat bekerja.
Penyebab crashnya Windows teman anda dapat diakibatkan ia melakukan kesalahan saat menginstall Program (ukuran besar spt. Photoshop, Dreamweaver, Antivirus) yang bersinggungan dengan registry system. Jadi saat ia gagal menginstal dan berniat membersihkan registry, registry ditemukan "error" dan akhirnya registry cleaner pun mencabut entri registry tersebut, hal ini memberikan efek bola salju jika ia menscannya lagi. Karena key yang terhapus tadi mungkin menjadi titik referensi oleh key yang lain, sehingga program pun akan menghapusnya. Semakin banyak penghapusan semakin banyak error dan akhirnya windows tak dapat bekerja.
b. Anti virus (Virus Scanner)
Antivirus adalah program untuk menscan, menghapus, dan
berjaga-jaga dari serangan virus. Program ini akan selalu berjalan di
background/tray icon jika diaktifkan.
Contoh Antivirus : McAfee, Norton, AntiVir, Panda,
AVG, dan lain-lain.
Smadav merupakan antivirus local. Banyak virus yang
dapat ditangani oleh antivirus smadav, sampai saat ini jumah virus yang dapat ditangani
oleh smadav terus mengalami perkembangan dan jumlahya sudah mencapai ribuan.
Kita dapat langsung melihat langsung pada antivirus tersebut.
Cara Kerja Anti Virus :
Antivirus memiliki database yang
memuat sebuah file/berkas yang menyimpan data-data tentang informasi virus.
Database ini biasa disebut Virus Signature atau Virus Definition.
Pemindaian virus atau scanning terhadap data anda dapat dikenali melalui Virus Signature, kenapa? Karena antivirus mendeteksi suatu file yang mencurigakan kemudian mencocokkan secara otomatis ke dalam database (Virus Signature) tersebut apakah ini mr.virus atau bukan. Semua bergantung kepada signature ini sehingga signature harus sering di update, sebab setiap detiknya banyak jenis virus baru yang siap mengancam computer.
Pemindaian virus atau scanning terhadap data anda dapat dikenali melalui Virus Signature, kenapa? Karena antivirus mendeteksi suatu file yang mencurigakan kemudian mencocokkan secara otomatis ke dalam database (Virus Signature) tersebut apakah ini mr.virus atau bukan. Semua bergantung kepada signature ini sehingga signature harus sering di update, sebab setiap detiknya banyak jenis virus baru yang siap mengancam computer.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTIVIRUS SMADAV
Kelebihan SMADAV :
1. Mampu membunuh Virus lokal
Meskipun tidak sebagus antivirus luar tapi Smadav ini
mampu membasmi banyak virus terutama virus-virus komputer yang biasa menyerang
para pengguna komputer di indonesia.
2. Bisa digabung dengan antivirus lain
Jika anda belum yakin dengan antivirus smadav atau
untuk menutupi kekurangan antivirus ini anda bisa menggabungkan smadav dengan
antivirus seperti Avira, AVG bahkan Kaspersky, karena smadav termasuk minimal
antivirus yang tidak akan memberatkan PC anda.
3. Flashdisk security yang Top
Meskipun terkadang Mr. Iso repot dengan pembuatan
folder Smadlock dan autorun.inf tapi justru aplikasi Smadav ini melakukan
tugasnya dengan baik, karena sebagian besar virus komputer lebih cepat menular
melalui flashdisk dibanding internet sendiri.
4. Cocok buat pengguna Offline
Smadav tidak terlalu sering melakukan update dan cara
updatenya pun gampang, tidak sering update bukan berarti antivirus ini jelek,
tetapi smadav dalam satu kali update memang memberi banyak penyempurnaan, bukan
hanya dari database tapi dari sistem aplikasi smadav itu sendiri
5. Smadav Pro yang murah
Meskipun banyak key Smadav Pro bajakan di internet,
sebaiknya anda melakukan donasi untuk membeli smadav pro, selain memberikan
apresiasi pada pembuat juga anda tidak mencuri apa yang menjadi hak programmer
smadav, untuk donasinya pun tergolong mudah dan mudah di banding membeli
antivirus lain, dengan Smadav Pro anda bisa mendapatkan kualitas dan layanan
sampai 10x lipat dari smadav free.
Adapun
kekurangan dari SMADAV
Tidak mampu
atau tidak maksimal menangani virus dari luar Cuma bisa specialis virus local
Spyware Remover adalah program utilias untuk
mendeteksi dan menghapus spyware dan adware. Spyware adalah program yang
ditempatkan pada sebuah komputer tanpa sepengetahuan penggunanya yang secara
diam-diam akan mengumpulkan informasi mengenai pengguna terutama yang
behubungan dengan penjelajahan di web.
Spyware akan mengirimkan informasi sensitif tentang
Anda melalui Internet tanpa sepengetahuan atau persetujuan. Pelajari lebih
lanjut tentang cara untuk melindungi privasi Anda dengan blocker Spyware dan
remover. Sebuah blocker remover spyware yang akan melindungi komputer Anda
dalam dua cara yang berbeda.
Pertama,
ada perlindungan real-time yang menghambat semua upaya
untuk menginstal spyware. Fungsi kedua melibatkan pemindaian seluruh komputer
dan menghapus semua Spyware yang ada. Dasar program Anti-Spyware kadang-kadang
hanya akan mampu melakukan fungsi.
kedua,
pemindaian dan menghilangkan Spyware, karena ini jauh
lebih mudah daripadapemblokiran Spyware secara real-time. Oleh karena itu Anda
harus mencariprogram Spyware blocker remover ketika Anda memilih program Anti-Spyware,
karena program tersebut memberikan perlindungan lebih dari program pemindaian
dasar. Sebuah program jenis ini akan bekerja dalam cara yang mirip dengan
program Anti-Virus. Spyware blocker dan remover akan memeriksa semua data
jaringan yang masuk pada file disk selama download. Semua komponen akan terbaca
oleh program itu untuk segera diblokir apabila mencurigai file tersebet.
Beberapa program Spyware blocker dan remover juga akan memblokir upaya untuk
mengubah pengaturan browser Anda dan semua upaya untuk menginstal item
start-up. Tidak seperti Spyware remover, spyware remover sederhana adalah lebih
mudah untuk membangun karena hanya memiliki fungsi untuk memeriksa isi dari
Registry Windows, program yang diinstal pada file sistem operasi dan menghilangkan
Spyware saat ditemui. Maka itu di sarankan pada Sebuah Spyware blocker dan
remover karena itu akan menjaga komputer Anda dan privasi Anda jauh lebih aman,
karena Spyware akan diblokir.
Pada awalnya, sebagian besar Anti-Spyware program
difokuskan untuk menemukan Spyware yang ada di komputer dan menghapus mereka.
Sebagai masalah Spywareyang tumbuh, jenis yang lebih baik dari program
Anti-virus dikembangkan oleh beberapa perusahaan, blocker Spyware dan remover.
Salah satu program pertama dari jenis ini dikembangkan oleh Javacool Software
dan SpywareBlaster. Hal ini menawarkan perlindungan real-time dan difokuskan
pada pemblokiran Spyware berbasis ActiveX, tetapi juga mampu melihat dan
memblokir banyak jenis lain dari Spyware juga. Namun itu difokuskan pada
perlindungan real-time, dan bukan pada scanning dan menghapus file yang ada.
Kemudian, lain Spyware blocker dan program remover diperkenalkan; program yang
menggabungkan untuk memblokir dan menghapus fungsi yang lebih efektif. Contoh
Spyware blocker tersebut dan program remover adalah Windows AntiSpyware dan
Ad-Aware dari Lavasoft.
Untuk kebanyakan pengguna, disarankan untuk memilih
blocker Spyware dan program remover bukan program Anti-Spyware yang hanya mampu
untuk satu tugas. Bahkan dengan Spyware blocker yang baik dan program remover
Anda tidak benar-benar keluar dari jalan merugikan. Jika blocker Spyware dan
program remover gagal untuk memblokir program Spyware, Spyware kadang-kadang
dapat menahan kemudian mencoba untuk menghapus atau uninstall.
Beberapa Spyware cerdik menciptakan program bekerja
yang berpasangan. Ketika blocker Spyware dan program remover menemukan salah
satu program dan menghentikan aksi-aksinya, program Spyware lainnya segera akan
memulai kembali. Lainnya program Spyware yang dirancang untuk pemberitahuan
mencoba untuk menghapus kunci registry dan cepat dapat menambahkan kunci
Registry lagi. Jika Anda mengalami masalah seperti dengan program anda, anda
dapat mencoba booting komputer Anda dalam mode aman. Hal ini biasanya akan
memberikan Anda Spyware blocker dan program remover dengan kesempatan yang
lebih baik yang akhirnya menyingkirkan Spyware tanpa henti. bentuk baru dari
Spyware dan Adware berbahaya terus diciptakan dalam rangka untuk melindungi
komputer Anda dari gangguan tersebut.
Internet Filter adalah program yang menghapus atau
menghentikan hal-hal tertentu agar tidak ditampilkan.Tiga jenis internet filter
yang digunakan secara luas adalah anti spam(menghapus spam sebelum masuk ke
inbox kita), popup blocker(menghentikan pop-up agar tidak ditampilkan pada
halaman web) dan web filter(membatasi akeses ke materi-materi tertentu pada
web).
Contoh :
Net Nanny
Kompresi file
adalah program utilitas yang berfungsi untuk menyusutkan ukuran file.File
Compression Utility berfungsi untuk mengurangi ukuran file untuk menambah
sedikit ruang dan memperbaiki performance. Compressed files biasa disebut
dengan zipped files, Utility program yang umum digunakan: PKZIP , WinZip,
Izarc,Winrar, dll.
Winzip :
Software ini dikembangkan oleh WinZip computing. Inc.
dan dijual ke pasaran seharga US$29. besar software ini 2.26 MB dan versi
trialnya dapat di download di http://www.winzip.com. Mungkin karena software
ini termasuk generasi pertama dari software-software kompresi, maka software
ini tidak menyediakan banyak pilihan ketika hendak menyimpan file hasil
kompresi. Software ini hanya menyediakan sebuah tipe file kompresi yaitu tipe
.zip. Pada kesempatan ini kita akan menggunakan versi terakhir dari WinZip
yaitu versi 9.0. Secara umum software ini compatible di windows 98, ME, NT.
4.0, 2000 dan XP sehingga software ini banyak dipakai oleh para pengguna
windows. Besar minimal hard disk yang digunakan adalah 8 MB dengan besar
minimal memory yang dibutuhkan adalah 32 MB. Software ini dapat membuka
file-file kompresi yang berekstensi .b64, .cab, .gz, .lzh, .mim, .tar, .uue,
.xxe dan.zip.
Berbagai fitur pendukung tersedia dalam software ini
seperti fungsi klik kanan, drag & drop, back-up, self-extractor, tips,
dokumentasi, pengiriman file langsung ke e-mail, viewer, fungsi scan virus,
proteksi dengan menggunakan password dan multi-disk splitter. Fungsi ’klik
kanan’ yang berisikan berbagai macam fungsi ringkas sangat membantu pengguna
untuk dengan cepat mengkompres atau mengekstrak sebuah file kompresi. Fungsi
’drag & drop’ sangat berguna sekali ketika ingin mengkompres sebuah file ke
sebuah file kompesi yang telah eksis sebelumnya atau ingin mengekstrak sebuah
sebuah file dari beberapa file kompresi ke folder-folder yang berbeda.
Selain itu software winzip dapat langsung terkoneksi
ke outlook express atau software e-mail client lainnya yang aktif di komputer
tersebut, tentunya ini sangat membantu bagi para pengguna komputer yang
mempunyai e-mail dengan menggunakan sistem SMTP/POP3. Fasilitas ’viewer’ adalah
fasilitas untuk melihat isi file kompresi sebelum di ekstrak dalam tiga bentuk
yaitu notepad, winword dan text (internal ASCII). Fasilitas ’scan virus’ adalah
fasilitas untuk men-scan file kompresi dengan software antivirus yang
terinstall dalam komputer tersebut. Selain itu, file-file kompresi tersebut
dapat ’diproteksi’ dengan mengaktifkan sebuah password. Satu hal yang paling
menarik, untuk software-software yang berkapasitas lebih dari 65 KB, WinZip
dapat ’mensplit’ file-file tersebut ke dalam beberapa file yang lebih kecil.
Beberapa fasilitas pendukung ini sangat membantu dalam proses kompresi yang
akan dilakukan membuat software WinZip menjadi salah satu pilihan sebagai
software kompresi yang direkomendasikan.
Data kerja yang penting, rahasia dan sangat pribadi
bisa disembunyikan dengan cara yang sederhana. Meski terlihat sederhana, cara
ini sebenarnya dapat ‘cukup’ mempersulit penyusup yang berupaya membobol. Cukup
dengan piranti lunak kompresor yang terkenal dalam OS Windows, Winzip.
Caranya begini. Pertama-tama kompres data penting Anda
dengan cara klik kanan, pada konteks menu yang muncul pilih [WinZip] > [Add
to Zip file…]. Sebuah jendela baru akan muncul, beri tanda pada kotak Encrypt
added files. Jangan lupa tentukan juga lokasi dan nama file pada kotak yang
telah disediakan. Kalau sudah klik tombol [Add], masukkan kata sandi sebanyak 2
kali, lalu klik [OK]. Sekarang Anda telah mempunyai satu paket data yang telah
terkompres serta dilengkapi kata sandi.
Kalau ada banyak jenis format data, buat paket
tersendiri agar lebih mudah mengelompokkannya. Buat paket zip yang dilengkapi
dengan kata sandi seperti cara diatas. Nah, ini bagian yang penting. Jika hanya
dengan cara demikian, data masing bisa diakali oleh pembobol meski kata sandi
sudah panjangnya minta ampun.
Banyak piranti lunak yang berfungsi untuk membuka
kunci file zip terproteksi dengan mudah. Oleh sebab itu kita coba berikan
gembok yang berlapis-lapis, kalau perlu dirantai besi sekalian. Caranya begini,
pilih file zip yang akan dilapis keamanannya. Gunakan tombol [Ctrl] pada
keyboard untuk memilih file satu persatu. Klik kanan kemudian pilih menu
[WinZip] > [Add to Zip file…]. Beri nama file juga tentukan lokasinya lalu beri
tanda pada kotak Encrypt added files. Klik [Add], masukkan kata sandi sebanyak
2 kali, lalu klik [OK]. Caranya sama dengan langkah pertama.
Yang membedakan adalah isi paket zip yang terkandung
didalamnya harus dibongkar sebanyak dua kali sebelum bisa dilihat isinya. Nama
dan jumlah file bahkan tidak bisa dilihat jika kata sandi pada lapisan pertama
belum dimasukkan. Kalau memang data penting sekali dan Anda punya banyak waktu,
buat saja banyak lapisan. Jadi istilahnya paket didalam paket. Tapi ingat jangan
sampai lupa ‘kuncinya’.
Tipe file teks yang bisa cukup bagus dan bisa
digunakan adalah RTF (Rich Text Format). Format ini mendukung format teks
seperti tebal, miring, dan garis bawah. Gambar dan tabel bisa disisipkan untuk
mempercantik dokumen. Dan yang juga penting, tipe file ini jarang menjadi
incaran virus yang suka usil seperti kepada file Doc. Kelemahan RTF adalah
format ini tidak bisa diamankan dengan kata sandi.
Apa jadinya bila teknologi kompresi file belum
ditemukan? Entahlah, yang jelas aktivitas pertukaran data di Internet tidak
semudah sekarang. Bayangkan bila Anda harus mendownload sebuah aplikasi yang
terdiri dari ratusan file yang tidak terkompresi. Tak terkira waktu dan
bandwidth yang tersita di sana.
Sepintas hal ini terdengar seperti mustahil. Bagaimana
mungkin komputer yang telah memperkecil (dengan mengurangi jumlah bitdan byte
data) sebuah file bisa mengembalikannya tanpa perubahan apapun? Padahal ide
dasar di balik teknologi ini sebenarnya sangat sederhana: membuang pengulangan.
Kerja dari Program :
1. Mencatat Pengulangan
Sebagian besar tipe file digital mengandung
pengulangan. File-file tersebut memiliki informasi yang sama yang ditampilkan
secara berulang. Aplikasi kompresi file membuang pengulangan-pengulangan
tersebut. Alih-alih menampilkan potongan informasi yang sama secara berulang,
aplikasi kompresi mencatat informasi tersebut satu kali saja, dan akan
menduplikasikannya kembali saat file diekstrak.
Sebagai contoh, perhatikan tipe informasi yang sangat
akrab dengan kita berikut ini: kata. “Jangan tanya apa yang negara berikan pada
Anda. Tanya apa yang Anda berikan pada negara.” (terjemahan kutipan dari
Presiden AS, John F. Kennedy). Kutipan tersebut memiliki 15 kata, yang terdiri
dari 74 karakter, 14 spasi, dan 2 titik.
Jika setiap huruf, spasi, dan tanda baca mengambil
satu unit memory komputer, kita mendapatkan file dengan ukuran 93 unit. Untuk
memperkecil ukuran file tersebut, kita harus memperhatikan pengulangan yang
terjadi. Sekejap kita mendapatkan data berikut:
“tanya” muncul 2 kali
“apa” muncul 2 kali
“yang” muncul 2 kali
“negara” muncul 2 kali
“berikan” muncul 2 kali
“pada” muncul 2 kali
“Anda” muncul 2 kali
Secara kasar, setengah dari kutipan JFK di atas adalah pengulangan. Tujuh kata (tanya, apa, yang, negara, berikan, pada, Anda) memberikan hampir semua informasi keseluruhan kutipan. Untuk membangun setengah kutipan bagian akhir, kita hanya menunjuk kata-kata yang ada pada setengah kutipan bagian awal, dan mengisinya dengan spasi.
2. Algoritma Pengulangan
Kebanyakan aplikasi kompresi menggunakan variasi
algoritma dictionary-based LZ (yang diambil dari dua nama penemu algoritma ini,
Lempel dan Ziv) untuk mengecilkan file. Sistem ini membuat semacam katalog
dengan deretan angka. Kembali ke kutipan JFK di atas, kita bisa membuat
katalognya sebagai berikut:
Tanya.Apa.
Yang.
Negara.Berikan.
Pada.
Anda.
Dari katalog di atas, kita dapat merumuskan kutipan
JFK menjadi:
"Jangan 1 2 3 4 5 6 7. 1 2 3 7 5 6 4."
Itulah algoritma pengulangan yang digunakan oleh aplikasi
kompresi untuk mengecilkan ukuran file, dan merekonstruksinya kembali ke ukuran
semula. “Jangan 1 2 3 4 5 6 7. 1 2 3 7 5 6 4.” ditambah daftar kata dalam
katalog, tentu lebih pendek daripada “Jangan tanya apa yang negara berikan pada
Anda. Tanya apa yang Anda berikan pada negara.”
Dari contoh di atas, kita berhasil memampatkan kutipan
JFK dari 93 unit menjadi 36 unit untuk kalimat yang terkompresi, dan 54 unit
untuk katalog, atau total 90 unit. Ya, kita berhasil menghemat 3 unit! Namun,
seperti kata pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit,” proses
kompresi file di komputer mengumpulkan yang sedikit itu, namun dalam jumlah
yang besar.
3. Menemukan Pola
Dari contoh di atas, kita mengambil semua kata yang
digunakan berulang dan meletakkannya di dalam sebuah katalog. Bagi kita, ini
adalah cara yang paling lazim digunakan untuk menulis kamus, index, atau
glosarium. Tapi, sebuah aplikasi kompresi melihatnya sedikit berbeda: algoritma
kompresi tidak mengenal kata-kata yang terpisah, melainkan mencari pola atau
pattern.
Untuk semakin memperkecil ukuran file, aplikasi
kompresi memilih pola apa yang harus dimasukkan dalam katalog. Bila melihat
kutipan JFK di atas dari sudut pandang ini, kita akan mendapatkan isi katalog
yang benar-benar berbeda dari contoh di atas. Aplikasi kompresi memindai
kutipan JFK, pengulangan pertama yang dicatat adalah pola huruf “a” dan
“n” yang dikuti oleh spasi.
Pada frase pertama kutipan tersebut, “Jangan tanya apa
yang negara berikan pada Anda.” terdapat empat pola huruf “a” yang dikuti
spasi. Dua pola gabungan huruf “an” yang diikuti spasi pada “jangan” dan
“berikan”. Dua pola gabungan huruf “ang” pada kata “jangan” dan
“yang”, serta pola-pola lain yang mungkin luput dari perhatian kita.
Berbekal katalog pola (bukan kata) inilah aplikasi
kompresi memampatkan sebuah file hingga 90% bahkan lebih, terutama pada file
yang memiliki banyak pola yang berulang, misalnya pada file-file yang di
dalamnya terdapat tag (HTML, XML, TIFF, dan lain-lain).
f. CD/DVD Burning
CD/DVD Burning adalah utilitas untuk menulis dan
memperbaiki masalah-masalah pada sistem operasi atau disk dan memperbaiki
kinerja komputer.
CD/DVD burning software berfungsi untuk menuliskan
text, graphics, audio, dan file video ke recordable atau rewriteable CD atau
DVD.
Contoh : Ahead Nero 6, InfraRecorder, CDBurnerXP,
ImgBurn, BurnAware Free, DeepBurner, Burrrn, Ashampoo Burn Free,Tiny Burner,
cdrtfe, Nero Kwik Burn/ Nero Lite 10, dll.
Nero Kwik Burn drag dan drop burn, burn data gambar,audio
dan video dengan mudah, dengan membawa nama besar NERO sebagai salah satu
software burning rom Nero terbaik,Nero Kwik Burn diperkenalkan untuk memompa
penjualan nero kwik media salah satu software terbaru dari nero, Lengkap namun
filenya besar.
Cara menduplikat isi CD atau DVD ke dalam keping CD
atau DVD yang lain.
Begitu Nero Burning ROM aktif, lakukan langkah‐langkah di bawah ini:
1. Masukkanlah CD Master‐nya terlebih dulu.
2. Kalau Anda hanya punya 1 CD Writer saja, matikan
option Use
multiple recorders.
3. Untuk mencegah terjadinya kegagalan, Nero Burning
ROM
menawarkan alternatif Buffer underrun protection.
4. Apabila Anda ingin menggunakan opsi Simulation,
matikan option
Buffer underrun protection di atas.
5. Terakhir, tekanlah tombol Copy .
Proses pembakaran CD sama dengan proses yang terjadi
saat kita
menggunakan Nero Express. Nero akan merekam seluruh
data yang ada
di CD Master ke dalam hard disk. Selanjutnya, data itu
akan
dipindahkan ke dalam CD Destination yang telah Anda
siapkan
sebelumnya.
Cara Membakar (Burning) CD/DVD menggunakan Nero
StartSmart 10
Cara burning CD ini
mudah tapi masih belum terlalu banyak orang yang ingin mengetahuinya. Karena
adanya fasilitas yang lain yang lebih mudah tanpa harus Burning. Yaitu contohnya
saja Hard disk eksternal dan Flash Disk yang lebih mudah dan simple digunakan.
Cara burning CD/DVD
biasanya berguna untuk menyimpan/membackup data-data berupa gambar di dalam
laptop anda. Dan berguna juga untuk menyimpan file yang akan di berikan kepada
teman kita.
Ada beberapa tahap Burning
CD dan DVD dengan Menggunakan software Nero Startsmart.
Sebelumnya anda harus mempersiapkan CD/DVD blank yang
akan digunakan sebagai penyimpan data dan tentunya Fasilitas Nero Startsmart
yang sudah terinstal di laptop/komputer anda.
1. Masukkan CD/DVD blank anda yang akan di isi file.
Dan Jalankan program Nero Startsmart. Sehinggga muncul tampilan awal Nero
seperti gambar di bawah
Dan akan munculseperti di atas, pilih Burn
and Copy Data
3. Lalu
, pilih " data CD" jika anda ingin burning
data ke CD . pilih "data DVD" jika anda ingin burning ke DVD
Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar yang ada di bawah ini
Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar yang ada di bawah ini
untuk
memasukan data pilih lah kolom add , seperti gambar di bawah ini yaitu
sesudah itu
semua data yang anda masukan terdapat di dalam kotak, di bawah kotak tersebut
terdapat jumlah kapasitas dari CD tersebut kemudian klik "next"
perhatikan gambbar di bawah ini
Lalu kita
menentukan lokasi CD kita tersebut pada kolom "Current Recorder"
selanjutnya
, berilah nama untuk CD yang kita bakr tersebut , pilih "Disc Name"
untuk memberi nama
Dan ini lah proses membakar (burning) CD tersebut, tunggu lah progress hingga 100% , jika sudah selesai dan berhasil maka CD/DVD yang anda bakar (burning) tersebut akan meng eject (keluar) sendirinya dari cd room leptop/komputer anda
INTERNET
1. Pengertian dan Fungsi Internet
2. Dampak Positif dan Negatif Internet.
3. Sejarah dan Perkembangan Internet.
4. Jenis ISP (Internet Service Provider)
1. Pengertian dan
Fungsi Internet
Di era modern seperti sekarang ini, peranan internet tidak pernah lepas dari berbagai aktivitas manusia, baik belajar, bekerja, atau mencari informasi. Untuk tujuan memperkaya pengetahuan kalian tentang internet, saya berbagi pengetahuan kepada kalian yaitu Pengertian dan manfaat internet.
Di era modern seperti sekarang ini, peranan internet tidak pernah lepas dari berbagai aktivitas manusia, baik belajar, bekerja, atau mencari informasi. Untuk tujuan memperkaya pengetahuan kalian tentang internet, saya berbagi pengetahuan kepada kalian yaitu Pengertian dan manfaat internet.
Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan
dari Interconnected Network, yaitu kumpulan komputer yang terhubung satu dengan
yang lainnya dalan sebugah jaringan. Disebut saling terhubung karena internet
menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang berada di seluruh
dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Semua jaringan yang
terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yagn disediakan di
internet secara gratis.
Internet merupakan dunia tanpa
batas. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh sebab
itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada
peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah
teritorial negara tertentu.
Internet merupakan salah satu
pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia.
Internet memungkinkan anda mengakses informasi yang tersimpan di komputer di
belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang
berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak,
dan hukum atau biokrasi suatu negara.
MANFAAT INTERNET
Tingginya mobilitas penggunaan internet menuntut jaringan yang fleksibel, sehingga seseorang yang sedang berpergian tetap dapat mengakses internet walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan, sehingga dikembangkannya jaringan tanpa kabel (wireless). Berikut manfaat internet secara umum.
Tingginya mobilitas penggunaan internet menuntut jaringan yang fleksibel, sehingga seseorang yang sedang berpergian tetap dapat mengakses internet walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan, sehingga dikembangkannya jaringan tanpa kabel (wireless). Berikut manfaat internet secara umum.
1. Mencari informasi (hosting) dan research di internet
Hosting dilakukan seseorang
untuk mencari berita, referensi, maupun bacaan. dengan hosting, pengguna dapat
memperoleh informasi yang banyak. Bahkan, pengguna internet sering mengupload
hasil penelitian, penulisan, dan karya terbarunya ke internet agar dapat
diakses oleh pengguna lain.
2. Berkirim surat (e.mail)
E.mail merupakan suatu kegiatan
berkirim surat melalui media internet. E-mail (Electronic mail) sudah banyak
digunakan saat ini dan sangat populer. Di mana pengirim dapat mengirimkan surat
secara langsung dan penerima surat yang letaknya berjauhan juga dapat secara
langsung menerima surat tersebut dengan syarat keduanya sedang online.
3. Berbelanja online (e-commerce)
E-commerce (Electronic
commerce) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan
telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi
yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang
murah. Ada banyak bentuk perdagangan secara elektronik yang banyak dilakukan
saat ini. Misalnya, internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko
online, dan sebagainya. Di Indonesia telah disediakan beberapa website khusus
sebagai website untuk penjualan barang-barang seperti glodokshop.com,
apotikonline.com, tokobagus.com, zalora.com, dan lain-lain.
4. Internet banking
Internet banking atau
electronic banking (e-banking), cyberbanking, virtual banking, home banking,
maupun online banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah,
kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Manfaat adanya
internet banking bagi nasabah, yaitu nasabah tidak perlu datang ke bank untuk
melakukan transaksi perbankan, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan
kapan saja dan di mana saja (asalkan tersedia fasilitas internet). Sedangkan
bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya
operasional. Di Indonesia bank-bank yang telah menyediakan jasa internet
banking antara lain Bank BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, BII, dan lain-lain.
5. Belajar jarak jauh (e-learning)
E-learning atau sering disebut
juga dengan e-education adalah kegiatan belajar pada tempat yang saling
berjauhan dengan menggunakan media tertentu, misalnya Volp, Skype, dan
sebagainya. Di Indonesia yang mempinyai program belajar jarak jauh, misalnya
Universitas Terbuka. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet
juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one to one
communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one to many
communication). Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi
dengan tatap muka melalui teleconference. Pemanfaatan internet akan membuat
proses belajar jarak jauh menjadi lebih efektif dan hasil yang diperoleh pun
akan menjadi lebih maksimal.
6. Mengobrol (chatting)
Chatting adalah kegiatan atau
pola bicara di internet. Jika telepon menggunakan bunyi untuk berkomunikasi,
sedangkan chatting di internet menggunakan media tulisan. Sama halnya dengan
fasilitas lainnya, dalam internet menawarkan kemudahan, kecepatan, dan biaya
yang murah.
2. Dampak Positif dan Negatif Internet
Pada zaman globalisasi seperti sekarang ini, mungkin kita sudah akrab dengan internet. Melalui internet kita mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan tanpa mengenal birokrasi, demografi dan perbedaan waktu.
Pada zaman globalisasi seperti sekarang ini, mungkin kita sudah akrab dengan internet. Melalui internet kita mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan tanpa mengenal birokrasi, demografi dan perbedaan waktu.
Internet merupakan jaringan komputer global yang tersebar di seluruh penjuru dunia.
Jaringan ini meliputi jutaan komputer yang saling terhubung dengan
memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
Jaringan ini memungkinkan berbagai aplikasi ditransfer antar komputer
dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan.
Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus
memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data
yang dapat di akses oleh pihak lain yang terhubung dalam internet.
Internet sendiri pada awalnya
muncul pada tahun 1969 di AS, yaitu teknologi yang diawali oleh proyek yang
dilakukan oleh departemen AS. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah
dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan
jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai
jutaan, bahkan mungkin milyaran, isinya memuat berbagai topik. Tentu saja,
situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif.
Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk kehidupan manusia. Di
bawah ini akan dijelaskan berbagai dampak positif maupun negatif dari
penggunaan internet.
Dampak Positif Internet
a.
Sebagai Media Komunikasi
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi
internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Misalnya komunikasi
melalui chatting, kirim e-mail, video conference, termasuk situs jejaring
sosial seperti facebook, tweeter, dan friendster yang digandrungi para remaja
untuk mencari teman.
b. Internet Sebagai Media Pertukaran Data
Internet bisa sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email,
newsgroup, FTP dan www (world wide web) yang memungkinkan para pengguna
internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan
murah.
c. Internet Sebagai Media Untuk Mencari Informasi Atau Data
Informasi kini sangat cepat berkembang, berita yang kita baca kemarin atau
satu minggu yang lalu di media cetak mungkin sudah tidak relevan di hari ini.
Bahkan informasi yang tidak terdapat di media cetak, bisa kita dapatkan melalui
internet. Hanya dengan mesin pencari seperti google, yahoo, msn, informasi
penting yang dicari bisa didapatkan dengan cepat dan akurat. Hal ini sangat
dibutuhkan oleh siswa dan mahasiswa untuk mencari data.
d. Internet Sebagai Media Pendidikan dan Hiburan
Melalui internet kini sudah banyak tersedia perangkat lunak pendidikan
seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah,
geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, perangkat pendidikan tersebut kini
juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi,
dapat ditambahkan gambar, foto, musik, serta video yang mendukung, sehingga
anak semakin suka belajar melalui internet.
Manfaat lain bisa diperoleh anak lewat program aplikasi berbentuk games
yang umumnya dirancang untuk tujuan permainan dan tidak secara khusus diberi
muatan pendidikan tertentu. Beberapa aplikasi games dapat berupa petualangan,
pengaturan strategi, simulasi, dan bermain peran (role-play). Gambar-gambar dan
suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat
merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi
lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Kini juga banyak berkembang kursus-kursus yang diadakan melalui internet,
dimana peserta kursus tidak mesti harus datang belajar ke tempat kursus pada
waktu-waktu tertentu , namun cukup belajar secara online dari rumah kapan saja,
misalnya belajar internet marketing di asianbrain.com
e. Internet Sebagai Media Bertransaksi Dan Berbisnis
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis melalui internet memungkinkan kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Internet bukan hanya untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan
sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan melalui internet ini
disebut E-Commerce (electronic commerce) yang pembayarannya dilakukan dengan
menggunakan kartu kredit. Misalnya membeli baju, membeli ebook, beraneka kue
kering, kerajinan tangan, langganan majalah, beli laptop, dan lain sebagainya.
Dampak Negatif Internet
Selain berbagai manfaat positif yang kita dapatkan melalui internet,
ternyata ada beberapa orang yang justru memanfaatkan kecanggihan internet untuk
hal-hal yang bersifat negatif. Berikut beberapa dampak negatif dari penggunaan
internet.
a.
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang
tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet,
pornografi pun merajalela. Terutama bagi kaum remaja Disana mereka bisa melihat
gambar-gambar porno, adegan-adegan yang bisa menggoyahkan iman manusia, dan itu
semua dapat merusak moral para remaja yang merupaka generasi penerus bangsa.
b.
Violence and Gore (kekejaman dan kesadisan)
Banyak juga game-game online yang memperlihatkan hal yang bersifat sadis,
kejam. Hal ini bisa bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk
bertindak kriminal, perilaku agresif dan sadisme terutama bagi anak-anak.
c.
Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari
serangan penipu. Contohnya adalah penipuan undian berhadiah, atau
iklan-iklan/program kaya secara instan . Cara yang terbaik adalah tidak
mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada
penyedia informasi tersebut.
d.
Carding (Kejahatan penggunaan karu kredit)
Tren belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak
digunakan dalam dunia internet karena sifatnya yang real time (langsung). Oleh
sebab itu para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam
bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya
transaksi (yang menggunakan kartu kredit) on-line dan mencatat kode kartu yang
digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk
kepentingan kejahatan mereka.
Diantaranya adalah pencurian uang di bank melalui internet, dan biasanya
orang yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit
untuk di deteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode
tertentu dalam pelaksanaan misi mereka. Ada juga membeli barang tertentu
menggunakan kode kartu kredit orang lain tanpa diketahui oleh pemiliknya
ternyata saldo di rekeningnya telah berkurang.
e.
Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia,
para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya,
hanya cukup online dari rumah saja, dan taruhannya biasanya ditransfer melalui
kartu kredit. Namun kita tidak mudah terjebak dari situs seperti ini, karena
umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari
pengunjungnya.
Nah sekarang semuanya tergantung kita sendiri mau memanfaatkan internet
sebagi hal yang positif yang sudah jelas akan memberikan segudang manfaat
untuk kehidupan kita, atau malah memanfaatkan sisi negatif yang pasti nantinya
akan merugikan kita sendiri.
3
. Sejarah dan Perkembangan Internet
. Sejarah dan Perkembangan Internet
Sejarah internet dimulai pada tanggal Agustus 1962 dan penciptaan internet pertama kali dikemukakan oleh seseorang bernama J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Konsep awal dinamakan “Galactic Network” oleh dirinya. Ia mengemukakan tentang bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departmenet Pertahanan Amerika Serikat.
Proyek dari ARPANET merancang bentuk jaringan,
kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua
standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang
sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol)
Sejarah dari internet awal dibangunnya proyek
itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika
Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang
tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi
masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi
terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan
konsep jaringan komputer/ Kemudian beliau merencanakan jaringa yang disebut
ARPANET yang dipublikasikan pada tahun 1967. Pada tahun 1969 ARPANET telah
melibatkan empat buah komputer yang terkoneksi.
Sejarah internet juga dimulai dengan komputer
pertama berada di university of California Los Angelos, komputer ke dua berada
di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of
California Barbara dan koputer ke emat berada di University Utah. Pada tahun
1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini
pulalah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry
Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang
diselenggarakan di Washignton.
Sejarah Pada tahun 1972 sejarah perkembangan
internet menjelaskan Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat
elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi
“user@host.” Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer
data. Pada tahun yang sama ARPA beruah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf D
berasal dari kata Defense. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi
international yang pertama dengan University College of London dan Royal
Establishment di Norwegia.
Sejarah pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol
ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini berguna untuk melakukan file
transfer. Pada tahun 1979 news group yang diberi nama USENET beroperasi dengan
dasar UUCP. Penciptanya adalah Tom Truscott dan Jim Ellis (kedua mahasiswa di
Duke University) dan Steven Bellovin (dari Universitas North Carolina).
Pemakai dari seluruh dunia bergabung ke grup
diskusi ini membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik
lainnya. Sejarah internet, pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication
Agency dan DARPA membentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET.
Selanjutnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai
sebuah sntadar. Saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan
yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.
Sejarah internet pada tahun 1983 ialah John
Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System
(DNS) dan mengusulka sistem pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Pada tahun
1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain
seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com.
Pada tahun 1986 TCP/IP mulai tersedia pada workstaiton
dan PC. Tahun ini pula National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai
tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps dan mengatur internet hanya
ditujukan untuk kepentingan riset dan pemerintah yang bersifat tidak komersial
B.SEJARAH INTERNET DUNIA
Sejarah Internet dimulai pada
tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan
penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya,
beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan
jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari
penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik
packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui
jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih
mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet
switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation),
Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.
Pada tahun 1969, Robert
Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di
DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud
mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung.
Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian
dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University
of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada
jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua
jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of
California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan.
ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada
tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.
Selain jaringan untuk penelitian
seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik
jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada
teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti
telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi
satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan
tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking,
sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi
jaringan komputer maha besar.
Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.
Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.
Selain protokol Internet, hal lain yang
tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di
Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of
Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai
alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan
berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga
wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned
Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh
Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas
jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh
Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).
Komersialisasi dan privatisasi
Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di
ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai
booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan
dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail,
diskusi bebas di forum, dan Web.
KEJADIAN PENTING LAINYA
Tahun 1971, Ray Tomlinson
berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk
ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer
ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di
London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota
jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton
Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang
menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama
kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya
adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail
dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah
lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan
atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk
jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi
yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk transmisson contol
protokol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan
Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan
newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di
jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama
domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang
tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada
1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi
10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen
dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay
Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali
melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini
membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah,
ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang
saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada
tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet
telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya
virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada
tahun yang sama yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran netscape
navigator.
D.PERKEMBANGAN INTERNET
Internet telah membuat
revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah
diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer
merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang
lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut.
Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme
diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi
antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
Internet merupakan sebuah
contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen
untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi.
Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah,
industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan
menciptakan teknologi baru yang menarik ini.
Perkembangan Sejarah intenet
dapat dibagi dalam empat aspek yaitu :
1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching
(paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat
itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur
komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti
skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global
dan kompleks.
3. Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar
yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan
terus teknologi ini.
4. Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun
efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah
infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan
sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure),
yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information
Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup
banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya
tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga
berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita
banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai
sebuah bisnis elektronik
(electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.
E.INTERNET SAAT INI
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog.
Internet memungkinkan adanya servis
terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses
di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi
secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan
instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN
Messenger dan Windows Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang
berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM,
CDDB, dan Gnutella.
F.BUDAYA INTERNET
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim. Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.
Transaksi melalui Internet ini dikenal
dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu
tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di
kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan
daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana
masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut
sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan
kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.
G.TATA TERTIB INTERNET
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).
H.ISU MORAL DAN UNDANG-UNDANG
Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag.
UU yang masih ada kaitannya dengan
teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.
Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab
kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang
melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley
bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam
bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.
akses Internet dihitung
melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
I.AKSES INTERNET
Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.
Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya
JENIS-JENIS IPS
ISP
(Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan
usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP
awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi
atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah
telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyaktumbuh
2. Macam -macam ISP
yang sangat memudahkan
penggunanya dalam mengakses Internet. Namun begitu ada beberapa hal yang harus
diperhatikan agar dalam penggunaan jaringan nirkabel ini dapat berjalan dengan
aman.
Teknologi 3G (Third Generation) merupakan teknologi nirkabel berkecepatan tinggi yang tidak membutuhkan access point karena 3G
menggunakan sistem ponsel yang telah ada.
Wi-Fi (Wireless Fidelity)
merupakan sebuatan untuk beberapa standart yang masuk dalam kelompok standart
802.11 dalam transisi nirkabel yang dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical
and Electronics Engineers).
d. EVDO( Evolution Data
Only/Evolution Data Optimized)
EVDO ( Evolution Data
Only/Evolution Data Optimized) atau sering disingkat menjadi EVDO, EV-DO,
EvDO, 1xEV-DO or 1xEvDO.
e. Tipe
Terdapat empat tipe dasar dari
layanan Internet. Dial-up, ISDN (Integrated Services Digital Network), digital
subscriber line (DSL) dan kabel.
f. AT&T
AT&T kembali meluncurkan
seri Windows Mobile Smartphone-nya tang diberi nama AT&T Tilt. AT&T
Tilt ini mempunyai beragam kelengkapan mulai dari keyboard QWERTY, kamera 3 MP,
GPS Receiver dan sudah support 3G.
g. PGP (Pretty Good
Privacy)
PGP (Pretty Good Privacy)
merupakan sebuah teknik enkripsi yang dikembangkan oleh Philip Zimmerman. PGP
merupakan salah cara yang paling banyak dipakai untuk melindungi pesan yang
dikirim melalui Internet, oleh karena penggunaannya yang gratis, mudah dan
efektif.
3. Fungsi utama ISP
Menyediakan layanan jaringan internet bagi
pelanggannya.
Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan
internet.
Sebagai sarana dagang koneksi internet.
4. Jenis layanan ISP (7 macam)
1. Connection Speed (Kecepatan Koneksi)
a. Kecepatan download bervariasi dari
56 kbps untuk dial up dan 1,5 mbps atau lebih untuk teknologi yang lebih tinggi
seperti DSL dan Modem Kabel.
b. Koneksi kecepatan tinggi direkomendasikan
untuk seseorang yang banyak mendownload program, memainkan game online, atau
menjalankan server mereka sendiri.
2. Video on Demand
a. Download film secara real-time yang membuat user dapat melihat film di
internet secara langsung. Layanan ini juga disebut dengan Streaming Video.
3. Content Filtering
(Penyaringan Konten)
a. ISP menyediakan software yang dapat mencegah materi spesifik yang
terdownload berdasarkan spesifikasi user.
b. Software ini sering digunakan untuk memblock situs yang tidak pantas dan
memblock serangan sebuah situs.
4. Virus Scanning
a. ISP sering memasukkan virus scanning dan anti-spam dalam bagian dari
paket koneksinya.
b. ISP kebanyakan memindai kode berbahaya dari file yang diupload dari user
dan yang sampai ke user berikutnya.
5. IP Telephone
a. ISP juga menyediakan layanan IP Telephone yang memungkinkan user untuk
menelepon dan menerima telepon dari internet.
b. Ketika menggunakan internet, jarak jauh biasanya tidak berlaku.
6. Personal Home Pages
a. Personal Home Pages sering
disediakan dalam layanan ISP. Biasanya ukuran ruang web dan trafik yang
disediakan terbatas.
b. Disain dan perawatan website tergantung
dari penciptanya.
7. Web Hosting Services
a. Organisasi yang tidak mempunyai server dapat menggunakan server ISP
sebagai server mereka.
b. Web Hosting Service biasanya dibeli berdasarkan ukuran web site dan
antisipasinya setiap bulan.
ISP memiliki kelebihan
dan kekurangan yaitu
a. Kelebihan
:jaringan yang sangat luas
b. Kekurangan:
harga yang relaitf mahal
2. Broadlink.net
ISP memiliki kelebihan dan kekurangan
yaitu
a. Kelebihan:
Kecepatan internet yang sangat cepat
b. Kekurangan:
Biaya yang sangat mahal
3. Link.net
ISP memiliki kelebihan dan kekurangan
yaitu
a. Kelebihan:
kecepatan internet 56 Kbps dan tingkat keberhasilan koneksi yang terjamin
b. Kekurangan:
Kapasitas mailbox yang kecil
4. Bit.net
ISP memiliki kelebihan dan kekurangan
yaitu
a. Kelebihan:
Biaya yang murah
b. Kekurangan:
Tidak dapat melalui telpon seluler (GSM), untuk informasi hubungi operator
seluler.
5. Starone.net
ISP memiliki kelebihan dan kekurangan
yaitu
a. Kelebihan:
Sinyal yang kuat dan relatif cepat
b. Kekurangan:
Biaya yang mahal
6. Idola.net.id
ISP memiliki kelebihan dan kekurangan
yaitu
a. Kelebihan:
penghematan biaya karena tidak membutuhkan akses dedicated connection,
penghematan waktu dengan koneksi cepat dan efisien khususnya untuk staf yang
bekerja di luar kantor (mobile). Selain itu akses terkontrol ke private network
melalui jaringan internet secara aman dan efisien
b. Kekurangan: ISP
sudah tak tersedia
7. Xl.co.id
ISP memiliki kelebihan dan kekurangan
yaitu
a. Kelebihan:
Biaya yang murah
b. Kekurangan:
kecepatan internet yang tidak labil di waktu tertentu
8. Fleksi.net
ISP memiliki kelebihan dan kekurangan
yaitu
a. Kelebihan:
Biaya yang murah dan akses setiap saat
b. Kekurangan:
Sinyal tidak tetap,selalu berubah-ubah
9. Blueline.net
ISP memiliki kelebihan dan kekurangan
yaitu
a. Kelebihan:
akses yang cepat,sinyal yang kuat, dan akses yang murah
b. Kekurangan:
Baru tersedia hanya di sekitar Bali dan sebagian Pulau Jawa
10. Cepat.net
ISP
memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu
a. Kelebihan:
Koneksi tanpa batas,berkecepatan tinggi, tarif yang sangat kompetitif,
Kepemilikan jaringan infrastruktur sendiri dengan jangkauan yang
luas, Kehandalan yang tinggi dan Pelayanan yang responsif, Fleksibilitas produk
& layanan sesuai kebutuhan pelanggan/mitra
b. Kekurangan: Sinyal
yang selalu berubah
Sejarah Perkembangan Komputer
Awal mula kata komputer dipergunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan melakukan perhitungan aritmatika. Namun, sekarang ini komputer diartikan kepada sebuah perangkat mesin tersebut.
Dalam pengertian yang paling mendasar, komputer adalah perangkat yang
membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. Dalam hal ini,
komputer pertama yaitu sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi artimatika
dasar.
Dalam sejarah dan perkembangan komputer, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya. Yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut yaitu “1″ dan “0″ yang mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar, suara, teks dan lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai.
Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Pgamroposal ENIAC dirancang oada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.
ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya
membutuhkan ruang 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000
relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan,
ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30
ton, dan menempati ruangan 167 m2.
Mesin Von Neumann
Mesin ini dikembangkan oleh seorang ahli matamatika yaitu John Von Neumann yang juga merupakan kosultan proyek ENIAC. Mesin ini dikembangkan mulai tahun 1945 yang memberikan gagasan sebagai stored-program concept, yaitu sebuah konsep untuk mempermudah proses program agar dapat direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk penyimpanan dalam memori untuk semua data. Gagasan ini juga dibuat hampir pada waktu yang bersamaan dengan Turing. Selanjutnya Von Neumann mempublikasikannya dengan nama baru yaitu: Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC).
Semua input dan output dilakukan melalui kartu plong. Dalam waktu satu detik, ENIAC mampu melakukan 5.000 perhitungan dengan 10 digit angka yang bila dilakukan secara manual oleh manusia akan memakan waktu 300 hari, dan ini merupakan operasi tercepat saat itu dibanding semua komputer mekanis lainnya. ENIAC dioperasikan sampai tahun 1955. Teknologi yang digunakan ENIAC adalah menggunakan tabung vakum yang dipakai oleh Laboratorium Riset Peluru Kendali Angkatan Darat (Army’s Ballistics Research Laboratory-LBR) Amerika Serikat.
Selanjutnya mesin ini dikembangkan kembali dengan perbaikan-perbaikan pada tahun 1947, yang disebut sebagai generasi pertama komputer elektronik terprogram modern yang disediakan secara komersial dengan nama EDVAC, EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator), dan UNIVAC1 dan 2 (Universal Automatic Computer) yang dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly. Untuk pertama kalinya komputer tersebut menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan bagian-bagian dari data yang diperlukan secara cepat.
Dengan konsep itulah John Von Neumann dijuluki sebagai bapak komputer modern pertama di dunia yang konsepnya masih digunakan sampai sekarang. John Von Neumann lahir di Budapest, Hongaria 28 Desember 1903 dan meninggal pada tanggal 8 Februari 1957 di Washington DC, AS. Von Neumann sangat cerdas dalam matematika dan angka-angka. Pada usia eman tahun dia sudah dapat menghitung pembagian angka dengan delapan digit tanpa menggunakan kertas atau alat bantu lainnya. Pendidikannya dimulai di University of Budapest pada tahun 1921 di jurusan kimia. Tapi kemudian dia kembali kepada kesukaannya, matematika, dan menyelesaikan doktoralnya di bidang matematika di tahun 1928. di tahun 1930 dia mendapatakan kesempatan pergi ke Princeton University (AS). Pada tahun 1933, Institute of Advanced Studies dibentuk dan dia menjadi salah satu dari enam professor matematika di sana. Von Neumann kemudian menjadi warga negara Amerika.
Von Neumann juga merupakan orang pertama yang mencetuskan istilah “Game Theory” yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk mensimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan sejenisnya. Dia juga bermanfaat untuk mensimulasikan perang
Pada pertengahan tahun 1950 UNIVAC mengalami kemajuan
dalam beberapa aspek pemrograman tingkat lanjut, sehingga merupakan komputer
general purpose pertama yang didesain untuk menggunakan angka dan huruf dan
menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output-nya. Inilah yang
dikatakan sebagai kelahiran industri komputer yang didominasi oleh perusahaan
IBM dan Sperry. Komputer UNIVAC pertama kali digunakan untuk keperluan
kalkulasi sensus di AS pada tahun 1951, dan dioperasikan sampai tahun 1963.
Komputer-Komputer IBM
Komputer-Komputer IBM
IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 pada tahun 1953
yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer paling populer
sampai tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk menggantikan IBM 701 yang kemudian
memantapkan IBM dalam industri pengolahan data.
Komputer Generasi II (1959-1964)
Komputer Generasi II (1959-1964)
Komputer generasi kedua ditandai dengan ciri-ciri
sebagai berikut:
* Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan
diode untuk menggantikan tabung vakum.
* Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
* Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
* Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
* Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
* Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
* Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
* Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
* Orientasi program tidah hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
* Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.
* Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
* Menggunakan simpanan luar berupa Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
* Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
* Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
* Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.
* Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
* Orientasi program tidah hanya tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga aplikasi teknik.
UNIVAC III
Dibanding denga tabung, teknologi transistor jauh
lebih efisien sebagai switch dan dapat diperkecil ke skala mikroskopik. Pada
tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan paling
cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata sebanding dengan sepermiliar
meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz).
Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan
terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan
generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 adalah minikomputer pertama yang dibuat
tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.
Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi
ini diantaranta UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400,
dan 1600.
Komputer Generasi III (1964-1970)
Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated
Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat
komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid
(SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah
dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor
diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan
lebih besar dibanding SLT.
IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan
Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa
kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki
jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan
miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari
setengah abad.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
* Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000
* Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000
* Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan
ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
* Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
* Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
* Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.
IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700,
6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11
(pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation) merupakan
contoh-contoh komputer generasi ketiga.
Komputer Generasi IV (1970-1980-an)
Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari
generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan
terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai
komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang
disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan
pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang
disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi
empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very
Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan
ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan
mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer
internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
Komputer Generasi IV: Apple II
Komputer Generasi IV: Apple II
Komputer Generasi IV: Apple II
Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan
mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi
230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi
60.000 operasi per detik. Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan
mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya
mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan
umum pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan
aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki
set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih
besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green
color).
Komputer Generasi IV: PDP 11
Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah
IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan
prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for
Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners
Allpurpose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada
komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau
Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar
sebuah komputer terutama personal computer (PC).
Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.
Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. Hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.
Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.
Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.
Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.
Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak
sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi
yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi
teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang
disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang
dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi
yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta
input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.
Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang
tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa
program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi
komputer yang akan datang.
Kemungkinan Komputer Masa Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang
adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya
melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan
seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati
kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk
memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung
dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan
akan lebih menakjubkan
Cara Upload Dan Download File
a. Upload File
Baiklah disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara mengupload file
ke internet, kita dapat mengupload file dengan bantuan file hosting yang ada di
internet seperti :
1. Mediafire
2. 4ashared
3. Ziddu
4. Googledocs
5. File upload
6. Dll
Namun disini saya akan mengambil satu contoh dari beberapa file hosting
yang ada untuk saja jelaskan langkah-langkah mengupload file.
Upload File Ke Ziddu
Ziddu adalah situs penyedia layanan penyimpanan file gratis. Sebagai member, kita dapat memperoleh penghasilan setiap kali ada file yang di-download. Selain kapasitas penyimpaan file yang besar, Ziddu juga mendukung berbagai bahasa.
Cara upload file ke Ziddu sangat mudah, hampir sama dengan cara upload file ke 4shared. Jika file yang akan di-upload terlalu besar, maka sebaiknya dikompressi dulu dengan WinZip atau WinRar.
Cara Daftar ke Ziddu.com:
Ziddu adalah situs penyedia layanan penyimpanan file gratis. Sebagai member, kita dapat memperoleh penghasilan setiap kali ada file yang di-download. Selain kapasitas penyimpaan file yang besar, Ziddu juga mendukung berbagai bahasa.
Cara upload file ke Ziddu sangat mudah, hampir sama dengan cara upload file ke 4shared. Jika file yang akan di-upload terlalu besar, maka sebaiknya dikompressi dulu dengan WinZip atau WinRar.
Cara Daftar ke Ziddu.com:
1.
Buka http://www.ziddu.com.
2.
Click Register.
4.
Click Submit.
5.
Selesai.
Cara Upload File ke Ziddu:
1.
Login ke Ziddu.
3. Tentukan jumlah File yang akan di-upload, Browse File
kemudian click Upload.
4.Setelah itu Ziddu akan memberikan URL download untuk
file tersebut.
Mendownload File
Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang langkah-langkah download file, download file juga dapat melalui media hosting seperti :
. 4ashared
. Ziddu
. Mediafire
. File upload
. Skypad
. Dll
Disini saya akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah
mendownload dengan menggunakan 4shared \Mendownload merupakan mengambil file baik berupa data, dokumen, ataupun
lagu dll.
1. Langkah yang
pertama buka www.4shared.com karena saya akan menampilkan cara mendownload file
lagu . Setelah tampil halaman Web
4shared seperti terlihat pada gambar dibawah ini ;
2. Ketik di kotak pencarian
"search" nama band beserta judul lagunya seperti terlihat pada gambar
di bawah ini ;
5. Setelah itu akan muncul
halaman baru yang akan menampilkan kata "Click Here To Download This
File" yang artinya Klik disini untuk mengambil file. Lalu silahkan
anda klik ;
6. Setelah itu akan muncul
Kotak yang bertanda bahwa file sudah siap di download ( Kebetulan saya memakai
IDM ). Lalu klik Start Download untuk mendownload file tersebut ;
7. Lalu akan tampil proses
pendownloadan seperti terlihat pada gambar dibawah ini ;
8. Gambar dibawah ini
bertanda bahwa file sudah selesai di download. Lalu dibawah ada beberapa
pilihan. Jika anda ingin membuka langsung file yang sudah didownload klik Open
Folder ;
9. Maka akan muncul data
atau lagu yang sudah kita download di window explorer ;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar